Langsung ke konten utama

Rem Cakram Motor Seret? Ini Solusi Ampuhnya!

Sepeda motor zaman sekarang kebanyakan menggunakan rem yang berjenis cakram. Apabila dibandingkan dengan rem tromol, rem cakram ini mempunyai performa yang jauh lebih baik. Rem cakram mampu memperlambat putaran roda kendaraan, lalu menghentikannya secara efektif. Anda tidak membutuhkan tenaga yang terlalu banyak untuk mengoperasikannya. Rem cakram bisa bekerja baik dengan tenaga yang minimal.
Tetapi rem cakram bukanlah rem yang sempurna. Kadang-kadang rem ini juga bisa mengalami masalah layaknya rem tromol. Contohnya yaitu rem cakram yang menjadi seret sehingga roda tidak dapat berputar sebagaimana mestinya. Putaran roda terasa sangat berat karena ditahan oleh cengkeraman rem. Akibatnya adalah sepeda motor tidak bisa melaju kencang, gas terasa sangat berat, dan tentu saja boros bahan bakar.
rem-cakram-seret.jpg
Anda harus mengatasinya sesegera mungkin agar kondisi ini tidak berlarut-larut. Berikut ini solusi ampuh untuk memperbaikinya!
Solusi I. Membetulkan Posisi Kampas
Seretnya rem cakram biasanya disebabkan oleh posisi kampas yang tidak seimbang antara kiri dan kanannya. Posisi kampas rem tersebut tidak presisi. Jadi Anda bisa memulainya dengan memeriksa kondisi kampas rem. Cek apakah kampas rem sudah benar-benar presisi atau belum. Posisi kampas yang miring sedikit saja dapat menyebabkan rem menjadi seret. Anda bisa membetulkan posisinya dengan memukul memakai palu atau menjepitnya menggunakan ragum.
Solusi II. Lumasi Menggunakan Oli
Faktor lain yang mungkin mengakibatkan rem cakram menjadi seret ialah terdapat komponen yang berkarat. Terutama komponen-komponen yang ada di pinggir piston. Sebaiknya Anda mengecek komponen tersebut. Komponen yang kondisinya sudah kering atau berkarat dapat menahan putaran roda. Roda tidak bisa berputar dengan lancar. Anda harus memperbaikinya dengan mengaplikasikan oli secukupnya, terutama di bagian piston.
Solusi III. Cek Per Plat Kampas
Jika Anda sudah memperbaiki posisi kampas rem agar kembali presisi serta melumasi piston menggunakan oli tetapi rem cakram masih terasa seret, ada kemungkinan masalah terletak di per plat kampas rem. Bukan tidak mungkin posisi per ini tidak normal atau berubah akibat terkena tekanan atau dorongan. Hal ini membuat posisi per tempat pemasangan kampas rem ini menjadi miring. Anda harus memperbaiki posisinya kembali seperti semula.
Solusi IV. Olesi As dengan Oli
Anda juga patut mencurigai as dudukan kampas rem sebagai biang keroknya. Sebab bagian ini pun dapat mengalami masalah sehingga mengakibatkan rem cakram menjadi seret. Contohnya yaitu as dudukan yang kondisinya cukup kering akibat kekurangan oli sehingga menyebabkan kinerja rem tidak normal. Untuk masalah ini, Anda bisa mengatasinya dengan mengoleskan oli secukupnya di as dudukan kampas rem ini untuk mempermudah gerakan kampas dan mencegah supaya tidak macet.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s

Tata Cara Mengganti Lampu Utama Sepeda Motor

Bagaimana cara mengganti lampu utama sepeda motor? Pada kendaraan roda dua, lampu utama berfungsi sebagai penerang jalan dan pemberitahu pengendara lain akan keberadaan kita. Oleh sebab itu, lampu utama ini harus selalu menyala, baik saat malam maupun siang hari. Lampu Sepeda Motor Pada dasarnya, mengganti lampu sepeda motor dapat dilakukan dengan mudah. Kuncinya adalah kesabaran untuk membuka casing secara hati-hati agar tidak menimbulkan goresan dan lecet. Di bawah ini tata cara panduannya oleh Pyurio untuk anda! Alat dan Bahan : Lampu utama Obeng Kuas Langkah-langkah : Posisikan sepeda motor dengan bersandar pada standar tengah sehingga lebih mudah diotak-atik. Gunakan obeng untuk melepas seluruh sekrup yang menahan casing batok pembungkus lampu utama. Bersihkanlah bagian dalam casing memakai kuas untuk menghilangkan debu yang menumpuk. Buka karet penutup fitting dan lepaskan fitting dengan menekan lalu memutarnya berlawanan arah jarum jam. Rogoh bohlam l