Sepeda motor zaman sekarang kebanyakan menggunakan rem yang berjenis cakram. Apabila dibandingkan dengan rem tromol, rem cakram ini mempunyai performa yang jauh lebih baik. Rem cakram mampu memperlambat putaran roda kendaraan, lalu menghentikannya secara efektif. Anda tidak membutuhkan tenaga yang terlalu banyak untuk mengoperasikannya. Rem cakram bisa bekerja baik dengan tenaga yang minimal.
Tetapi rem cakram bukanlah rem yang sempurna. Kadang-kadang rem ini juga bisa mengalami masalah layaknya rem tromol. Contohnya yaitu rem cakram yang menjadi seret sehingga roda tidak dapat berputar sebagaimana mestinya. Putaran roda terasa sangat berat karena ditahan oleh cengkeraman rem. Akibatnya adalah sepeda motor tidak bisa melaju kencang, gas terasa sangat berat, dan tentu saja boros bahan bakar.
Anda harus mengatasinya sesegera mungkin agar kondisi ini tidak berlarut-larut. Berikut ini solusi ampuh untuk memperbaikinya!
Solusi I. Membetulkan Posisi Kampas
Seretnya rem cakram biasanya disebabkan oleh posisi kampas yang tidak seimbang antara kiri dan kanannya. Posisi kampas rem tersebut tidak presisi. Jadi Anda bisa memulainya dengan memeriksa kondisi kampas rem. Cek apakah kampas rem sudah benar-benar presisi atau belum. Posisi kampas yang miring sedikit saja dapat menyebabkan rem menjadi seret. Anda bisa membetulkan posisinya dengan memukul memakai palu atau menjepitnya menggunakan ragum.
Solusi II. Lumasi Menggunakan Oli
Faktor lain yang mungkin mengakibatkan rem cakram menjadi seret ialah terdapat komponen yang berkarat. Terutama komponen-komponen yang ada di pinggir piston. Sebaiknya Anda mengecek komponen tersebut. Komponen yang kondisinya sudah kering atau berkarat dapat menahan putaran roda. Roda tidak bisa berputar dengan lancar. Anda harus memperbaikinya dengan mengaplikasikan oli secukupnya, terutama di bagian piston.
Solusi III. Cek Per Plat Kampas
Jika Anda sudah memperbaiki posisi kampas rem agar kembali presisi serta melumasi piston menggunakan oli tetapi rem cakram masih terasa seret, ada kemungkinan masalah terletak di per plat kampas rem. Bukan tidak mungkin posisi per ini tidak normal atau berubah akibat terkena tekanan atau dorongan. Hal ini membuat posisi per tempat pemasangan kampas rem ini menjadi miring. Anda harus memperbaiki posisinya kembali seperti semula.
Solusi IV. Olesi As dengan Oli
Anda juga patut mencurigai as dudukan kampas rem sebagai biang keroknya. Sebab bagian ini pun dapat mengalami masalah sehingga mengakibatkan rem cakram menjadi seret. Contohnya yaitu as dudukan yang kondisinya cukup kering akibat kekurangan oli sehingga menyebabkan kinerja rem tidak normal. Untuk masalah ini, Anda bisa mengatasinya dengan mengoleskan oli secukupnya di as dudukan kampas rem ini untuk mempermudah gerakan kampas dan mencegah supaya tidak macet.
Komentar
Posting Komentar