Langsung ke konten utama

3 Ciri-ciri Oli Mesin Motor harus Segera Diganti

Sepeda motor dilengkapi dengan mesin sebagai tenaga penggeraknya. Mesin tersebut terdiri dari komponen-komponen yang menyatu. Sesuai hukum alam, sesuatu yang bergerak pasti menghasilkan panas. Gerakan komponen-komponen di dalamnya membuat mesin menjadi panas. Oleh sebab itu, mesin harus dilumasi menggunakan oli. Oli akan menjaga suhu mesin tetap stabil, membuat gerakannya mulus, dan memberikan perlindungan.
Seiring dengan berjalannya waktu, kualitas oli mesin akan menurun. Oli yang tadinya mampu memberikan pelumasan terbaik lama-kelamaan tidak sanggup lagi melumasi komponen mesin. Anda harus menggantinya dengan oli yang baru agar fungsi oli sebagai pelumas terjaga dengan baik. Biasanya oli diganti setiap 1 bulan untuk pemakaian kendaraan yang tinggi. Atau paling tidak Anda harus melakukan penggantian oli setiap jarak tempuh 2000 km.
ciri-ciri-oli-harus-diganti.jpg
Setidaknya ada tiga ciri-ciri kapan Anda harus segera mengganti oli mesin di antaranya :
  1. Warnanya Hitam
Anda bisa memperhatikan warna oli di dalam mesin. Posisikan sepeda motor dengan bertumpu pada standar tengah. Lalu nyalakan mesin selama 2-3 menit. Kemudian buka dipstick oli (tutup lubang pengisian oli) dan bersihkan permukaannya memakai kain lap. Celupkan kembali dipstick tersebut ke dalam bak oli sebentar saja. Setelah itu periksa kondisi oli apakah sudah berwarna kehitaman atau belum. Oli yang sudah berubah warna menjadi kehitaman lebih baik segera diganti.
  1. Berbau Gosong
Selain dari segi warna, oli yang sudah dipakai juga akan mengalami perubahan pada baunya. Oli tersebut akan berbau seperti terbakar karena harus meredam panas dari mesin terus-menerus. Semakin gosong bau pada oli ini artinya kualitas oli tersebut semakin menurun. Oli wajib segera diganti apabila baunya sudah gosong. Hal ini biasanya diikuti dengan tingkat kekentalan oli yang menurun sehingga tampak lebih encer.
  1. Volumenya Berkurang
Jika Anda sulit menentukan kondisi oli dari segi warna dan baunya, silakan periksa ketinggian oli pada dipstick. Jika tingginya mendekati garis minimal, Anda bisa menambahkan oli sesuai kebutuhannya hingga mencapai batas maksimal atau garis tertinggi pada dipstick. Namun alangkah lebih baiknya lagi jika Anda langsung mengganti oli tersebut saja agar performanya dalam melumasi komponen-komponen mesin kembali optimal.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Cara Coak Body Motor yang Benar

Bagaimana cara coak body motor yang benar? Coak adalah suatu istilah dalam modifikasi sepeda motor yang menyatakan proses pemotongan body kendaraan. Teknik ini biasanya diterapkan di dalam konsep modifikasi yang bergaya drag look dan street racing. Dengan memotong beberapa bagian body yang terdapat pada sepeda motor , maka tampilan kendaraan secara keseluruhan pun akan menjadi semakin keren. Pada dasarnya, proses coak ini tidak terlalu sulit dikerjakan. Malahan Anda bisa menggunakan peralatan tukang yang sederhana. Hanya saja dibutuhkan keahlian dan ketelitian saat mengoperasikan alat-alat tersebut agar hasil potongannya tampak rapi. Biar Anda tidak bingung, silakan coba panduan coak body motor ala Pyurio di bawah ini! Alat dan Bahan yang harus disiapkan : Gergaji besi Gergaji tripleks Bor tangan Selotip Spidol Penggaris Jangka Ampelas halus Langkah-langkah memotong body motor : Buatlah sketsa yang menggambarkan pola pemotongan pada body motor terle

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s