Langsung ke konten utama

5 Penyebab Pasti Mengapa Motor Bergetar Keras

Mesin sepeda motor yang menyala memang selalu menimbulkan getaran. Getaran tersebut timbul lantaran komponen-komponen di dalam mesin yang bergerak. Tetapi apa jadinya kalau getaran yang ditimbulkan oleh mesin ini terasa begitu keras? Tentu kita sebagai pengendara sepeda motor merasa tidak nyaman dengan masalah tersebut. Lantas apa sih penyebab utama sampai motor Anda bergetar keras tidak seperti biasanya?
Getaran motor yang pelan tentu tidak akan menjadi masalah bagi pengendara karena tidak mengganggu kenyamanannya. Berbeda jika getaran tersebut menjadi keras, perasaan tidak nyaman pasti akan muncul. Apabila Anda mengalami kendala seperti ini, maka segeralah cari tahu penyebab utamanya. Masalah ini pasti ada biang keladinya. Nah, tugas Anda adalah menemukan penyebab utama yang sebenarnya.
penyebab-motor-bergetar-keras.jpg
Berikut ini penyebab-penyebab getaran motor berubah menjadi keras, antara lain :
  1. Mur dan Baut Tidak Kencang
Mulailah dengan memeriksa kondisi semua mur dan baut yang terpasang di sepeda motor. Pastikan semuanya terpasang dengan baik dan ikatannya kencang. Anda perlu memeriksanya satu per satu. Jika menemukan mur/baut yang ikatannya sudah tidak kuat, Anda bisa mencoba mengencangkannya. Sementara bila mur/baut tersebut telah aus, maka Anda dapat menggantinya dengan yang baru.
  1. Crankshaft yang Aus
Bantalan poros engkol (crankshaft) yang aus dapat menimbulkan efek berupa getaran hebat pada sepeda motor. Hal ini biasanya terjadi lantaran usianya sudah cukup lama atau Anda kurang memberikan perawatan. Satu-satunya solusi yang dapat diambil ialah membongkar mesin tersebut lalu memperbaiki bagian yang rusak. Percayakan kepada bengkel profesional untuk membantu Anda mengatasinya.
  1. Leher Knalpot yang Patah
Getaran juga bisa ditimbulkan oleh knalpot yang bermasalah. Misalnya saja ada bagian dari leher knalpot yang patah. Walaupun jarang terjadi, kondisi ini tetap mungkin bisa menimpa kendaraan milik Anda. Akibatnya adalah terbentuknya pulsa gas buang yang akan mendorong leher knalpot tersebut dan menimbulkan getaran. Jadi Anda harus melakukan pengecekan secara serius terhadap kondisi knalpot.
  1. Laher Roda yang Oblak
Penyebab lain mengapa getaran motor terasa begitu keras yaitu masalah pada laher roda. Masalah yang paling sering adalah laher roda yang menjadi oblak karena suatu penyebab. Ciri-ciri laher roda yang oblak yakni laher tampak bergoyang saat ditekan. Kondisi ini membuat setir kemudi bergetar dan bergerak hebat. Anda bisa mencoba membersihkan laher roda tersebut, lalu menggantinya jika dirasa perlu.
  1. Velg Jari-jari yang Patah
Velg yang bermasalah akan mengakibatkan laju sepeda motor menjadi tidak stabil. Kondisi ini sering terjadi pada motor yang menggunakan velg jari-jari. Jika ada salah satu atau beberapa bagian dari velg jari-jari tersebut patah, maka fungsinya sebagai penahan bobot kendaraan menjadi tak optimal. Motor terasa oleng ke kanan atau kiri. Anda harus segera melakukan perbaikan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s

Tata Cara Mengganti Lampu Utama Sepeda Motor

Bagaimana cara mengganti lampu utama sepeda motor? Pada kendaraan roda dua, lampu utama berfungsi sebagai penerang jalan dan pemberitahu pengendara lain akan keberadaan kita. Oleh sebab itu, lampu utama ini harus selalu menyala, baik saat malam maupun siang hari. Lampu Sepeda Motor Pada dasarnya, mengganti lampu sepeda motor dapat dilakukan dengan mudah. Kuncinya adalah kesabaran untuk membuka casing secara hati-hati agar tidak menimbulkan goresan dan lecet. Di bawah ini tata cara panduannya oleh Pyurio untuk anda! Alat dan Bahan : Lampu utama Obeng Kuas Langkah-langkah : Posisikan sepeda motor dengan bersandar pada standar tengah sehingga lebih mudah diotak-atik. Gunakan obeng untuk melepas seluruh sekrup yang menahan casing batok pembungkus lampu utama. Bersihkanlah bagian dalam casing memakai kuas untuk menghilangkan debu yang menumpuk. Buka karet penutup fitting dan lepaskan fitting dengan menekan lalu memutarnya berlawanan arah jarum jam. Rogoh bohlam l