Salah satu penyebab mogoknya sepeda motor adalah kerusakan yang terjadi pada bagian fuel pump. Kasus ini umumnya menimpa sepeda motor yang menggunakan sistem injeksi. Fuel pump yang rusak mengakibatkan bahan bakar tidak bisa terpompa dengan sempurna. Seolah-olah fuel pump ini hanya memompa udara saja. Padahal mesin membutuhkan bahan bakar untuk dapat bekerja. Namun akibat bahan bakar yang dibutuhkannya tidak terpenuhi, mesin pun tidak bisa menyala atau mati secara tiba-tiba.
Fuel pump memang menjadi salah satu komponen yang sangat penting pada sepeda motor yang berteknologi injeksi. Sesuai namanya, komponen ini bertugas untuk memompa bensin dengan irama tertentu sesuai kebutuhan yang diperlukan oleh mesin. Tetapi ada kalanya fuel pump mengalami masalah. Akibatnya bahan bakar tidak terpompa dengan baik. Masalah ini biasanya disebabkan oleh kondisi fuel pump yang memang sudah rusak atau udara yang terjebak di dalam saluran bahan bakar.
Adapun ciri-ciri fuel pump yang rusak di antaranya :
Tidak Terdengar Dengung dari Tangki
Ini adalah tanda pertama, di mana tidak ada dengung yang muncul dari tangki bensin saat mesin dalam kondisi yang siaga. Anda bisa mencobanya dengan membuka tutup tangki bahan bakar terlebih dahulu. Kemudian pasang kunci pada lubang kontak dan putar ke arah posisi on. Setelah itu, cobalah Anda dengarkan apakah ada suara dengung yang muncul dari dalam tangki bahan bakar atau tidak. Jika tidak ada artinya fuel pump sudah melemah atau rusak.
Kondisi Sekring Fuel Pump Terbakar
Tanda pertama di atas belum bisa memastikan apakah fuel pump memang benar-benar sudah rusak atau sekadar melemah saja. Oleh sebab itu, Anda perlu melakukan upaya pengecekan lanjutan. Caranya yaitu dengan mengecek kondisi sekring fuel pump. Posisi sekring ini biasanya tidak jauh dengan sekring-sekring lainnya di dalam sistem kelistrikan motor. Cek kondisi setiap sekring tersebut. Apabila ada yang rusak, terputus, atau terbakar maka segera perbaiki.
Mesin Mati Saat Disemprot Carbu Cleaner
Terakhir Anda bisa melakukan pengecekan kondisi fuel pump dengan menyemprotkan carbu cleaner tepat pada karburator di dalam sistem injeksi sepeda motor. Nyalakan mesin motor terlebih dahulu. Lalu Anda bisa menyemprotkan carbu cleaner ini beberapa kali sembari tetap memutar tuas gas. Perhatikan bagaimana respons mesin selanjutnya. Apabila mesin langsung mati sesaat setelah Anda menyemprotkan cairan carbu cleaner, berarti performa fuel pump sudah melemah.
Komentar
Posting Komentar