Langsung ke konten utama

Ciri-ciri Fuel Pump Motor yang Rusak

Salah satu penyebab mogoknya sepeda motor adalah kerusakan yang terjadi pada bagian fuel pump. Kasus ini umumnya menimpa sepeda motor yang menggunakan sistem injeksi. Fuel pump yang rusak mengakibatkan bahan bakar tidak bisa terpompa dengan sempurna. Seolah-olah fuel pump ini hanya memompa udara saja. Padahal mesin membutuhkan bahan bakar untuk dapat bekerja. Namun akibat bahan bakar yang dibutuhkannya tidak terpenuhi, mesin pun tidak bisa menyala atau mati secara tiba-tiba.
Fuel pump memang menjadi salah satu komponen yang sangat penting pada sepeda motor yang berteknologi injeksi. Sesuai namanya, komponen ini bertugas untuk memompa bensin dengan irama tertentu sesuai kebutuhan yang diperlukan oleh mesin. Tetapi ada kalanya fuel pump mengalami masalah. Akibatnya bahan bakar tidak terpompa dengan baik. Masalah ini biasanya disebabkan oleh kondisi fuel pump yang memang sudah rusak atau udara yang terjebak di dalam saluran bahan bakar.
ciri-ciri-fuel-pump.jpg
Adapun ciri-ciri fuel pump yang rusak di antaranya :
Tidak Terdengar Dengung dari Tangki
Ini adalah tanda pertama, di mana tidak ada dengung yang muncul dari tangki bensin saat mesin dalam kondisi yang siaga. Anda bisa mencobanya dengan membuka tutup tangki bahan bakar terlebih dahulu. Kemudian pasang kunci pada lubang kontak dan putar ke arah posisi on. Setelah itu, cobalah Anda dengarkan apakah ada suara dengung yang muncul dari dalam tangki bahan bakar atau tidak. Jika tidak ada artinya fuel pump sudah melemah atau rusak.
Kondisi Sekring Fuel Pump Terbakar
Tanda pertama di atas belum bisa memastikan apakah fuel pump memang benar-benar sudah rusak atau sekadar melemah saja. Oleh sebab itu, Anda perlu melakukan upaya pengecekan lanjutan. Caranya yaitu dengan mengecek kondisi sekring fuel pump. Posisi sekring ini biasanya tidak jauh dengan sekring-sekring lainnya di dalam sistem kelistrikan motor. Cek kondisi setiap sekring tersebut. Apabila ada yang rusak, terputus, atau terbakar maka segera perbaiki.
Mesin Mati Saat Disemprot Carbu Cleaner
Terakhir Anda bisa melakukan pengecekan kondisi fuel pump dengan menyemprotkan carbu cleaner tepat pada karburator di dalam sistem injeksi sepeda motor. Nyalakan mesin motor terlebih dahulu. Lalu Anda bisa menyemprotkan carbu cleaner ini beberapa kali sembari tetap memutar tuas gas. Perhatikan bagaimana respons mesin selanjutnya. Apabila mesin langsung mati sesaat setelah Anda menyemprotkan cairan carbu cleaner, berarti performa fuel pump sudah melemah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s

Tata Cara Mengganti Lampu Utama Sepeda Motor

Bagaimana cara mengganti lampu utama sepeda motor? Pada kendaraan roda dua, lampu utama berfungsi sebagai penerang jalan dan pemberitahu pengendara lain akan keberadaan kita. Oleh sebab itu, lampu utama ini harus selalu menyala, baik saat malam maupun siang hari. Lampu Sepeda Motor Pada dasarnya, mengganti lampu sepeda motor dapat dilakukan dengan mudah. Kuncinya adalah kesabaran untuk membuka casing secara hati-hati agar tidak menimbulkan goresan dan lecet. Di bawah ini tata cara panduannya oleh Pyurio untuk anda! Alat dan Bahan : Lampu utama Obeng Kuas Langkah-langkah : Posisikan sepeda motor dengan bersandar pada standar tengah sehingga lebih mudah diotak-atik. Gunakan obeng untuk melepas seluruh sekrup yang menahan casing batok pembungkus lampu utama. Bersihkanlah bagian dalam casing memakai kuas untuk menghilangkan debu yang menumpuk. Buka karet penutup fitting dan lepaskan fitting dengan menekan lalu memutarnya berlawanan arah jarum jam. Rogoh bohlam l