Langsung ke konten utama

4 Cara Merawat Tangki Bensin Motor agar Awet

Sepeda motor membutuhkan bahan bakar berupa bensin untuk bisa bergerak. Untungnya ada tangki bensin yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan bahan bakar tersebut. Posisi tangki ini berbeda-beda menurut jenis kendaraannya. Tangki bensin pada motor bebek dan motor matic terletak di bawah jok. Khusus untuk motor sport, tangki ini terletak di luar depan jok. Anda harus merawatnya supaya tangki bensin tersebut tidak cepat rusak.
Masalah yang sering menimpa tangki bensin adalah timbulnya karat di salah satu bagian tangki tersebut. Hal ini terjadi lantaran tangki bensin terbuat dari bahan logam. Logam mengalami proses oksidasi setiap kali terkena udara dan air sehingga memicu timbulnya karat. Adanya karat pada tangki tentu akan membuat kondisinya menjadi rapuh dan keropos. Oleh sebab itu, Anda harus mencegah karat ini terjadi sebelum benar-benar merusak tangki.
cara-merawat-tangki-bensin.jpg
Berikut ini kiat-kiat perawatan tangki bensin untuk mencegahnya agar tidak berkarat!
Pastikan Tangki Selalu Terisi Bensin
Anda harus mengusahakan supaya tangki bensin selalu terisi dengan bahan bakar. Jangan biarkan tangki tersebut kosong melompong. Setidaknya Anda perlu mengisinya dengan bensin hingga mencapai sepertiga dari total kapasitasnya. Ingat, tangki bensin yang kosong tidak benar-benar kosong. Ada udara yang terjebak di dalam tangki tadi. Udara ini mengandung uap air yang akan berubah menjadi embun saat motor sedang diparkirkan di tempat yang memilik suhu udara cukup dingin.
Hati-hati Saat Mencuci Kendaraan
Proses pencucian sepeda motor akan berjalan lebih efektif dan efisien jika memakai alat semprot (steam) dibandingkan dengan selang biasa. Hasilnya pun akan menjadi lebih bersih karena partikel-partikel debu dan kotoran bisa hanyut bersama air. Tapi Anda harus berhati-hati saat menggunakan alat ini. Pasalnya beberapa tangki bensin dilengkapi dengan lubang pernapasan di dekat penutup tangki. Jika Anda menyemprot bagian ini terlalu keras, bukan tidak mungkin air bisa masuk ke tangki.
Lapisi dengan Cairan Anti-Karat
Sebenarnya tangki sudah dilapisi dengan cairan anti-karat di permukaannya. Tetapi pihak pabrik membuat lapisan ini tidak terlalu tebal. Itu sebabnya, lapisan anti-karat ini bisa lenyap seiring dengan berjalannya waktu. Jadi kami merekomendasikan untuk melakukan pelapisan ulang guna mempertebal lapisannya. Anda bisa mengaplikasikan cairan anti-karat secara merata di bagian dalam tangki bensin. Tunggu sampai lapisan tersebut benar-benar kering, barulah Anda bisa mengisinya kembali dengan bensin.
Bersihkan Tangki Secara Berkala
Anda juga perlu membersihkan tangki bahan bakar secara berkala untuk menjaga kondisinya. Salah satu caranya yakni melakukan pengurasan tangki bahan bakar setiap 3-4 bulan sekali. Anda perlu membongkar tangki dari posisinya terlebih dahulu. Kemudian keluarkan semua bensin yang ada di dalamnya. Masukkan lagi sedikit bensin ke tangki, lalu goyang-goyangkan beberapa kali untuk membersihkan kotoran yang ada di dalamnya. Lakukan proses ini sampai kondisi tangki kembali bersih. Setelah itu, Anda bisa memasangnya lagi seperti semula.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s

Tata Cara Mengganti Lampu Utama Sepeda Motor

Bagaimana cara mengganti lampu utama sepeda motor? Pada kendaraan roda dua, lampu utama berfungsi sebagai penerang jalan dan pemberitahu pengendara lain akan keberadaan kita. Oleh sebab itu, lampu utama ini harus selalu menyala, baik saat malam maupun siang hari. Lampu Sepeda Motor Pada dasarnya, mengganti lampu sepeda motor dapat dilakukan dengan mudah. Kuncinya adalah kesabaran untuk membuka casing secara hati-hati agar tidak menimbulkan goresan dan lecet. Di bawah ini tata cara panduannya oleh Pyurio untuk anda! Alat dan Bahan : Lampu utama Obeng Kuas Langkah-langkah : Posisikan sepeda motor dengan bersandar pada standar tengah sehingga lebih mudah diotak-atik. Gunakan obeng untuk melepas seluruh sekrup yang menahan casing batok pembungkus lampu utama. Bersihkanlah bagian dalam casing memakai kuas untuk menghilangkan debu yang menumpuk. Buka karet penutup fitting dan lepaskan fitting dengan menekan lalu memutarnya berlawanan arah jarum jam. Rogoh bohlam l