Langsung ke konten utama

Cara Mengatasi Jas Hujan yang Kaku

Sebagai pengendara sepeda motor, kami yakin Anda pasti mempunyai jas hujan kan? Jas hujan ini memang sangat Anda butuhkan terutama ketika mengendarai motor saat hujan. Fungsinya untuk melindungi Anda dari air hujan. Anda akan selamat dari guyuran air meski berkendara di tengah-tengah derasnya hujan. Tubuh Anda tetap akan kering hingga sampai di tempat tujuan. Dengan adanya jas hujan, Anda kini bisa berkendara dengan aman saat hujan.
Kalau ingin jas hujan yang dimiliki awet dan tahan lama, Anda harus merawatnya dengan baik. Jas hujan tersebut harus dilipat dengan rapi dan disimpan di jok motor supaya bisa digunakan sewaktu-waktu. Setiap kali Anda selesai menggunakannya, jas hujan juga harus dijemur di tempat yang teduh agar mengiring sendiri. Jangan lupa juga untuk mencuci jas hujan sehingga jas hujan milik Anda selalu bersih dan bebas dari kotoran setiap waktu.
mengatasi-jas-hujan-kaku.jpg
Salah satu masalah yang kerap dialami oleh pemilik jas hujan adalah tekstur jas hujan tersebut tiba-tiba berubah menjadi kaku. Layaknya kerupuk yang baru saja diangkat dari penjemuran, jas hujan tadi sangat kaku hingga sulit untuk dilipat. Anda pun merasa tidak nyaman kalau mengenakan jas hujan yang sudah kaku ini. Sayang juga apabila harus membuangnya sebab jas hujan tadi masih cukup bagus. Hanya teksturnya saja yang berubah menjadi kaku.
Jika Anda mengalami masalah seperti ini, cobalah kiat-kiat ala Pyurio di bawah ini untuk mengatasinya!
Alat dan Bahan :
  • Air hangat
  • Baking soda
  • Garam
  • Ember
Langkah-langkah :
  1. Siapkan ember yang ukurannya cukup besar.
  2. Tuangkan air hangat ke dalam ember tersebut.
  3. Masukkan baking soda ke dalam air hangat. Aduk supaya tercampur rata.
  4. Tambahkan garam secukupnya. Aduk sekali lagi sampai tercampur rata.
  5. Masukkan jas hujan ke dalam ember. Pastikan semuanya terendam air.
  6. Rendam jas hujan tersebut selama 3-5 jam.
  7. Setelah selesai direndam, jangan lupa untuk membilasnya dengan air bersih.
Anda harus melakukannya beberapa kali supaya tekstur jas hujan tersebut menjadi lentur kembali seperti semula.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s

Tata Cara Mengganti Lampu Utama Sepeda Motor

Bagaimana cara mengganti lampu utama sepeda motor? Pada kendaraan roda dua, lampu utama berfungsi sebagai penerang jalan dan pemberitahu pengendara lain akan keberadaan kita. Oleh sebab itu, lampu utama ini harus selalu menyala, baik saat malam maupun siang hari. Lampu Sepeda Motor Pada dasarnya, mengganti lampu sepeda motor dapat dilakukan dengan mudah. Kuncinya adalah kesabaran untuk membuka casing secara hati-hati agar tidak menimbulkan goresan dan lecet. Di bawah ini tata cara panduannya oleh Pyurio untuk anda! Alat dan Bahan : Lampu utama Obeng Kuas Langkah-langkah : Posisikan sepeda motor dengan bersandar pada standar tengah sehingga lebih mudah diotak-atik. Gunakan obeng untuk melepas seluruh sekrup yang menahan casing batok pembungkus lampu utama. Bersihkanlah bagian dalam casing memakai kuas untuk menghilangkan debu yang menumpuk. Buka karet penutup fitting dan lepaskan fitting dengan menekan lalu memutarnya berlawanan arah jarum jam. Rogoh bohlam l