Langsung ke konten utama

Nih, Cara Mencuci Helm yang Betul!

Bagaimana cara mencuci helm yang betul? Helm adalah topi pelindung kepala yang dibuat dari bahan yang tahan benturan. Helm merupakan pakaian yang wajib dikenakan oleh semua pengendara sepeda motor. Sehingga bila sewaktu-waktu terjadi tabrakan, maka kepala pengendara tersebut tetap terlindungi dengan baik.

Secara tidak langsung, helm juga menunjang penampilan pengendara motor. Seseorang akan terlihat lebih menawan ketika memakai helm yang kondisinya bersih. Di sisi lain, penggunaan helm yang kotor akan membuat rambut kita terkena berbagai penyakit hingga kutu. Tidak mau kan Anda mengalami permasalahan ini?

cara-mencuci-helm-motor.jpg

Oleh sebab itu, Anda harus senantiasa memperhatikan kebersihan helm sepeda motor dengan mencucinya secara rutin. Yuk, cuci sendiri helm kita dengan langkah-langkah sebagai berikut!

Alat dan Bahan :

  • Helm
  • Sikat halus
  • Spons
  • Sabun colek
  • Sampo
  • Cairan softener
  • Vacuum wet and dry
  • Hairdryer
  • Ember
  • Handuk
  • Kain microfiber

Langkah kerja :

  1. Lakukan pemeriksaan secara menyeluruh terhadap semua bagian helm tanpa terkecuali. Pastikan helm tersebut memiliki kondisi yang bagus dan mulus. Jika ada bagian yang rusak atau terputus, silakan perbaiki terlebih dahulu.
  2. Jika Anda menggunakan ember, tub, atau sink sebagai tempat untuk membersihkan helm, kami sarankan untuk menutupinya menggunakan kain yang handuk yang lembut. Dengan memberikan alas, gesekan dan benturan yang mungkin akan terjadi antara helm dengan wadah tadi dapat diminimalisir. Jadi permukaan helm pun tidak bakal tergores.
  3. Beberapa helm ada yang bisa dilepas bagian dalamnya. Namun tidak sedikit pula helm yang mempunyai bagian dalam yang permanen atau tidak dapat dicopot. Apabila bagian dalam helm Anda tidak bisa dilepaskan, Anda bisa langsung mencucinya kok.
  4. Mulailah pencucian dengan membasahi seluruh bagian busa (padding) helm secara merata. Kemudian oleskan sabun colek secukupnya, lalu gosok menggunakan sikat yang halus dengan gerakan searah. Jangan menyikat dengan gerakan bolak-balik sebab dapat merusak busa tadi. Berikan perhatian yang lebih pada bagian sudut-sudut busa, di mana debu dan kotoran sering menumpuk. Bila dirasakan sudah cukup bersih, Anda bisa membilasnya dengan air mengalir.
  5. Setelah itu, basahi juga bagian luar helm secara menyeluruh. Tuangkan sampo secukupnya di atas permukaan bagian luar helm tersebut. Lalu Anda bisa membersihkannya memakai spons. Setelah beres, helm dibilas dengan air bersih lalu digantungkan supaya kering.
  6. Bila Anda ingin proses pengeringan helm berjalan lebih cepat, Anda bisa menyedot sisa-sisa air di dalamnya menggunakan alat berupa vacuum wet and dry. Arahkan alat ini ke seluruh permukaan helm, baik bagian dalam maupun luar, sampai kondisinya tidak terlalu basah. Kalau perlu, Anda bisa mengelap bagian luar helm menggunakan kain microfiber biar cepat mengering.
  7. Agar helm Anda wangi, semprotkanlah cairan softener ke bagian dalam helm secukupnya. Setelah itu, keringkan menggunakan hairdryer sampai helm benar-benar kering. Begitu pula dengan bagian dalam helm harus sampai tidak terasa lembab. Langkah terakhir, Anda bisa mengangin-anginkan helm tersebut sejenak supaya suhunya normal kembali.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s

Tata Cara Mengganti Lampu Utama Sepeda Motor

Bagaimana cara mengganti lampu utama sepeda motor? Pada kendaraan roda dua, lampu utama berfungsi sebagai penerang jalan dan pemberitahu pengendara lain akan keberadaan kita. Oleh sebab itu, lampu utama ini harus selalu menyala, baik saat malam maupun siang hari. Lampu Sepeda Motor Pada dasarnya, mengganti lampu sepeda motor dapat dilakukan dengan mudah. Kuncinya adalah kesabaran untuk membuka casing secara hati-hati agar tidak menimbulkan goresan dan lecet. Di bawah ini tata cara panduannya oleh Pyurio untuk anda! Alat dan Bahan : Lampu utama Obeng Kuas Langkah-langkah : Posisikan sepeda motor dengan bersandar pada standar tengah sehingga lebih mudah diotak-atik. Gunakan obeng untuk melepas seluruh sekrup yang menahan casing batok pembungkus lampu utama. Bersihkanlah bagian dalam casing memakai kuas untuk menghilangkan debu yang menumpuk. Buka karet penutup fitting dan lepaskan fitting dengan menekan lalu memutarnya berlawanan arah jarum jam. Rogoh bohlam l