Langsung ke konten utama

Cara Bikin Jok Motor Tipis ala Thailand Look

Bagaimana cara membikin jok motor tipie ala Thailand Look? Dunia modifikasi sepeda motor memang tidak pernah ada matinya. Setelah muncul tren modifikasi yang baru, tren-tren lain yang seirama pun ikut berdatangan melengkapinya. Salah satu tren modifikasi motor di tahun 2016 yang begitu populer adalah membuat tipis bagian joknya.

Thailand Look begitulah kira-kira sebutan untuk sepeda motor yang mempunyai jok berukuran tipis. Bukan tanpa maksud seseorang berani menipiskan jok duduknya. Jok yang tipis sanggup membuat penampilan motor menjadi terlihat semakin ramping dan stylish. Sehingga setiap lekukan pada bodinya dapat dinikmati dengan baik.

Membikin tipis jok motor memang tidak semudah kelihatannya. Untuk mendapatkan hasil kerja yang maksimal, kami tetap menyarankan kepada Anda untuk meminta bantuan orang yang sudah ahli, terutama saat hendak memasang kembali busa jok tersebut.

jok-motor-thailand-look.jpg

Alat dan Bahan :

  • Jok motor
  • Gerinda atau gergaji besi
  • Ampelas kasar sampai halus
  • Gunting

Langkah-langkah :

  1. Bukalah lapisan kulit yang melindungi busa jok motor Anda. Caranya yaitu lepaskan seluruh staples yang menahan lapisan kulit tersebut menggunakan gunting. Staples ini biasanya terletak di bawah jok pada posisi yang agak tersembunyi sehingga tidak merusak penampilan motor.
  2. Setelah lapisan kulit pada jok motor sudah terlepas, kini Anda bisa melihat adanya lapisan busa di dalam jok tersebut. Kemudian lepaskan semua busa yang tertanam di bagian tulang jok. Kerjakan dengan hati-hati supaya busa tidak rusak. Tulang jok inilah yang nantinya harus dipotong untuk menipiskan ukuran jok motor Anda.
  3. Siapkan gerinda. Kalau tidak punya, Anda bisa menggunakan gergaji besi meskipun prosesnya akan lebih lama dan membutuhkan lebih banyak tenaga. Pakailah gerinda ini untuk memotong bagian pinggiran tulang jok. Lakukan dengan baik dan pastikan ketinggian potongan tulang joknya sama antara sebelah kanan dan kiri. Lalu tinggal ampelas deh biar tekstur permukaan bekas potongan tadi menjadi halus.
  4. Untuk memasang kembali busa jok ke dalam bagian tulang jok, ada baiknya Anda menyerahkannya ke tukang jok langganan. Kalau bisa hindari memasangnya sendiri karena prosesnya cukup rumit dan alat kerja yang dipakai pun lumayan banyak. Jangan lupa selama proses pemasangan busa tengah berlangsung, mintalah tukang tersebut untuk melakukan papras busa sehingga kondisi busa akan mampat dan semakin tipis. Anda juga bisa meminta mereka untuk membentuk busa memiliki permukaan yang rata atau bergelombang sesuai selera.
  5. Biasanya jok sudah ditipiskan dengan langkah-langkah di atas belum mempunyai garis yang tegas. Nah, supaya bagian pinggiran jok ini terlihat kotak sempurna, Anda bisa memasang lapisan matras terlebih dahulu. Barulah terakhir Anda bisa memasang kembali lapisan kulit pada jok motor seperti sedia kala.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Cara Coak Body Motor yang Benar

Bagaimana cara coak body motor yang benar? Coak adalah suatu istilah dalam modifikasi sepeda motor yang menyatakan proses pemotongan body kendaraan. Teknik ini biasanya diterapkan di dalam konsep modifikasi yang bergaya drag look dan street racing. Dengan memotong beberapa bagian body yang terdapat pada sepeda motor , maka tampilan kendaraan secara keseluruhan pun akan menjadi semakin keren. Pada dasarnya, proses coak ini tidak terlalu sulit dikerjakan. Malahan Anda bisa menggunakan peralatan tukang yang sederhana. Hanya saja dibutuhkan keahlian dan ketelitian saat mengoperasikan alat-alat tersebut agar hasil potongannya tampak rapi. Biar Anda tidak bingung, silakan coba panduan coak body motor ala Pyurio di bawah ini! Alat dan Bahan yang harus disiapkan : Gergaji besi Gergaji tripleks Bor tangan Selotip Spidol Penggaris Jangka Ampelas halus Langkah-langkah memotong body motor : Buatlah sketsa yang menggambarkan pola pemotongan pada body motor terle

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s