Langsung ke konten utama

Memperbaiki Rantai Motor yang Bunyi Kletek-kletek

Bagaimana cara memperbaiki rantai motor yang bunyi kletek-kletek? Para pengendara sepeda motor tidak hanya menginginkan kendaraan yang dapat melaju kencang, tetapi juga nyaman untuk dikendarai. Ada berbagai problem yang dapat menjangkiti si kendaraan roda dua ini. Satu di antaranya yakni masalah yang berhubungan dengan rantai.

Rantai motor yang berbunyi kletek-kletek tentu saja bisa mengganggu kenyamanan selama berkendara. Tahukah Anda, bunyi kletek-kletek pada rantai sebenarnya merupakan tanda bahwa kondisi mata gir sudah aus sehingga bergesekan dengan rantai. Penyebabnya bisa dikarenakan faktor usia pakai serta teknik berkendara yang salah. Jika Anda sering menghentak pada saat menambah gigi persneling, maka mata gear pun akan cepat aus.

Satu-satunya solusi untuk mengatasi mata gear yang aus adalah mengganti keseluruhan gear motor tersebut. Jangan khawatir, kami akan memandu Anda bagaimana langkah-langkah dalam mengganti mata gear pada sepeda motor. Berikut ini panduannya!

memperbaiki-rantai-motor-bunyi.jpg

Alat dan Bahan :

  • Mata gear standar
  • Kunci T-8, T-10, dan T-12
  • Kunci ring 10, 14, dan 19
  • Kuas
  • Kape
  • Bensin secukupnya

Langkah kerja :

  1. Sebelum proses perbaikan dimulai, ubahlah posisi sepeda motor dengan bertumpu pada standar tengah/ganda. Jadi Anda bisa lebih leluasa dalam mengotak-atik motor dan keamanan Anda pun lebih terjamin.
  2. Gunakan kunci T-8 untuk mengendurkan 2 buah baut yang menahan cover gear. Putarlah kunci ini sampai kedua baut tersebut terlepas. Kemudian lepaskan bagian covernya dengan hati-hati agar tidak tergores. Perhatikan kondisi gear.
  3. Lepaskan 2 buah baut yang mengunci pengancing gear menggunakan kunci T-10. Biar gear tidak ikut berputar ketika Anda mengendurkan baut dengan kunci, gigi persneling harus dimasukkan pada posisi satu.
  4. Kini saatnya mencopot bagian pengancing gear yang juga berperan sebagai penahan gear. Caranya adalah putar bagian tersebut ke kanan dan kiri secara perlahan-lahan. Kerjakan sampai bagian ini terlepas dengan sendirinya.
  5. Setelah itu, barulah Anda bisa melepas gear yang telah aus dengan mudah. Anda cukup menarik gear tersebut supaya keluar dari kedudukannya.
  6. Bersihkan bagian sekitar rumah gear dari kotoran yang menempel. Biasanya bagian ini dipenuhi oleh kerak-kerak membandel yang sulit dihilangkan. Anda bisa mencoba membersihkannya dengan cara menyikat bagian tersebut memakai bensin. Tetapi bila lapisan kotorannya terlalu tebal, sebaiknya keroklah terlebih dahulu dengan menggunakan kape.
  7. Proses berikutnya adalah melepaskan gear belakang. Prosedurnya dimulai dengan mengendurkan baut as roda memakai kunci ring 19 di kanan dan kunci ring 14 di kiri. Setelah as roda terlepas, keluarkan roda belakang dari kedudukannya. Lalu kendurkan 4 buah baut penahan gear yang menempel pada tromol menggunakan kunci T-12.
  8. Sekarang waktunya Anda memasang gear yang baru pada sepeda motor tersebut. Setelah gear baru terpasang dengan benar, saatnya merakit ulang komponen-komponen kendaraan yang telah dibongkar tadi ke posisinya semula. Pastikan semua baut yang menahan seluruh komponen ini terpasang dengan ikatan yang kuat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Cara Coak Body Motor yang Benar

Bagaimana cara coak body motor yang benar? Coak adalah suatu istilah dalam modifikasi sepeda motor yang menyatakan proses pemotongan body kendaraan. Teknik ini biasanya diterapkan di dalam konsep modifikasi yang bergaya drag look dan street racing. Dengan memotong beberapa bagian body yang terdapat pada sepeda motor , maka tampilan kendaraan secara keseluruhan pun akan menjadi semakin keren. Pada dasarnya, proses coak ini tidak terlalu sulit dikerjakan. Malahan Anda bisa menggunakan peralatan tukang yang sederhana. Hanya saja dibutuhkan keahlian dan ketelitian saat mengoperasikan alat-alat tersebut agar hasil potongannya tampak rapi. Biar Anda tidak bingung, silakan coba panduan coak body motor ala Pyurio di bawah ini! Alat dan Bahan yang harus disiapkan : Gergaji besi Gergaji tripleks Bor tangan Selotip Spidol Penggaris Jangka Ampelas halus Langkah-langkah memotong body motor : Buatlah sketsa yang menggambarkan pola pemotongan pada body motor terle

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s