Langsung ke konten utama

Cara Mengecat Plat Nomor Motor Sendiri

Bagaimana cara mengecat plat nomor motor? Seiring dengan usia pakainya, warna cat pada plat nomor akan memudar. Penyebabnya bisa bermacam-macam. Mulai dari terik matahari sampai air hujan bisa merusak warna cat tersebut sehingga tampak buram. Kalau sudah begini, tentu saja berimbas pada pesona sepeda motor yang menurun.

Pada dasarnya, proses pengecatan plat nomor itu mudah kok. Bahkan Anda pun dapat mengerjakannya sendiri di rumah. Alat dan bahan yang diperlukan pun gampang ditemukan. Namun Anda harus mengecat plat nomor ini dengan hati-hati agar hasilnya rapi. Selain itu, warna yang dipakai pun wajib hitam dan putih, tidak boleh warna-warni. Jika Anda menginginkan hasil yang bagus tanpa repot, Anda bisa membeli sticker khusus plat nomor di Koni Motor.

memasang-plat-nomor-motor.jpg

Berikut ini panduan tata cara pengecatan plat nomor pada sepeda motor dan mobil!

Alat dan Bahan :

  • 2 buah kuas
  • 1 kaleng cat besi warna hitam
  • 1 kaleng cat besi warna putih
  • 1 kaleng thinner
  • 1 gulung isolasi plastik

Langkah-langkah :

  1. Lepaskan plat nomor dari dudukannya di sepeda motor. Anda bisa menggunakan kunci ring atau tang untuk melepaskan baut yang menahan plat nomor tersebut.
  2. Setelah plat nomor terlepas, bersihkanlah dari debu dan kotoran yang menempel di permukaannya. Adapun caranya yaitu cuci plat tersebut dengan air sabun, lalu bilas menggunakan air yang mengalir. Setelah itu, Anda bisa menjemur plat tadi di bawah terik matahari langsung agar mengering sempurna.
  3. Saatnya untuk mengecat plat nomor. Ambil kuas lalu masukkan ke dalam kaleng cat berwarna putih yang telah dicampur dengan thinner secukupnya. Sapukan kuas yang sudah diolesi cat putih ini ke seluruh permukaan luar plat nomor. Lakukan hingga seluruh bagian luar plat nomor tertutupi oleh lapisan cat berwarna putih.
  4. Keringkan cat ini dengan cara mengangin-anginkannya selama 1-2 jam. Jangan menjemur plat nomor yang baru dicat di bawah sinar matahari langsung sebab akan membuat lapisan catnya menjadi pecah-pecah dan bergelembung.
  5. Setelah lapisan cat sudah kering, Anda bisa mengecat sekali lagi plat nomor tersebut memakai warna putih. Namun kali ini bagian yang perlu dicat hanya pada nomor-nomornya saja. Setelah itu, keringkanlah dengan jalan diangin-anginkan selama beberapa waktu.
  6. Tutup permukaan nomor-nomor yang terdapat pada plat menggunakan isolasi plastik. Lakukan dengan teliti dan hati-hati. Usahakan Anda melapisi bagian permukaan nomor ini menggunakan isolasi dengan lebar sekecil mungkin agar bentuknya sesuai dengan ukuran nomor. Tutuplah semua nomor yang telah berwarna putih tersebut supaya tidak terkena lapisan cat hitam.
  7. Kini Anda bisa mengecat permukaan luar plat nomor dengan warna hitam. Pastikan Anda mengecat dengan lapisan yang tipis namun jelas agar hasilnya permukaan plat tetap rapi dan tidak bergelombang. Setelah itu, plat diangin-anginkan selama seharian penuh sehingga seluruh lapisan catnya benar-benar mengering.
  8. Keesokan harinya, periksa apakah kondisi lapisan cat pada plat nomor telah kering atau belum. Jika sudah, Anda bisa melepas lapisan isolasinya secara perlahan-lahan. Lihat, Anda sudah bisa mengecat plat nomor motor sendiri dengan hasil yang sangat memuaskan kan?

Selamat mencoba!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Cara Coak Body Motor yang Benar

Bagaimana cara coak body motor yang benar? Coak adalah suatu istilah dalam modifikasi sepeda motor yang menyatakan proses pemotongan body kendaraan. Teknik ini biasanya diterapkan di dalam konsep modifikasi yang bergaya drag look dan street racing. Dengan memotong beberapa bagian body yang terdapat pada sepeda motor , maka tampilan kendaraan secara keseluruhan pun akan menjadi semakin keren. Pada dasarnya, proses coak ini tidak terlalu sulit dikerjakan. Malahan Anda bisa menggunakan peralatan tukang yang sederhana. Hanya saja dibutuhkan keahlian dan ketelitian saat mengoperasikan alat-alat tersebut agar hasil potongannya tampak rapi. Biar Anda tidak bingung, silakan coba panduan coak body motor ala Pyurio di bawah ini! Alat dan Bahan yang harus disiapkan : Gergaji besi Gergaji tripleks Bor tangan Selotip Spidol Penggaris Jangka Ampelas halus Langkah-langkah memotong body motor : Buatlah sketsa yang menggambarkan pola pemotongan pada body motor terle

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s