Langsung ke konten utama

Cara Memasang Kabel Gas Motor dengan Mudah

Bagaimana cara memasang kabel gas motor? Kini sepeda motor menjadi kendaraan yang paling dapat diandalkan. Bentuknya yang proporsional memungkinkannya dapat melewati berbagai kondisi jalan raya, baik jalan yang sudah diaspal maupun jalan yang masih alami. Tidak hanya dipakai untuk mendukung kegiatan sehari-hari, pada perkembangannya sepeda motor sering diadu kecepatannya.

Sepeda motor standar mempunyai tingkat kecepatan yang normal untuk mendukung keamanan dan kenyamanan pengendaranya. Berbeda dengan sepeda motor khusus untuk balap, kendaraan ini telah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga mampu bermanuver dan berakselerasi dengan cepat. Begitu pula dengan kecepatannya menjadi faktor utama yang penting untuk diperhatikan.

Perbedaan antara kecepatan sepeda motor standar dan sepeda motor balap salah satunya dipengaruhi oleh kabel gasnya. Motor standar menggunakan kabel gas bawaan pabrik yang telah dirancang supaya aman. Sedangkan motor balap memakai kabel gas spontan yang mampu memperpendek tarikan gas sehingga mesin lebih cepat melakukan akselerasi pada putaran atas.

cara-memasang-kabel-gas.jpg

Apabila Anda ingin memasang kabel gas sendiri, ikuti tata caranya sebagai berikut!

Alat dan Bahan :

  • Kabel gas; Anda bisa membelinya di KoniMotor.com
  • Kunci ring
  • Obeng plus

Langkah-langkah :

  1. Agar proses pemasangan kabel gas terasa lebih mudah, kami selalu menyarankan untuk mengatur posisi sepeda motor supaya bertumpu pada standar tengah/ganda.
  2. Mulailah pekerjaan ini dengan membuka kabel gas lama. Lalu lepaskan kabel tersebut dari panel gas kanan. Panel ini biasa disebut pula sebagai rumah kabel.
  3. Setelah itu, copot bagian kabel gas lama yang terpasang di pompa bensin dan skep karburator. Langkah berlanjut dengan melepaskan kabel gas ini yang terhubung dengan skep karburator dan grip selongsong gas.
  4. Siapkan kabel gas yang baru. Masukkan kabel tersebut ke dalam rumah kabel, lalu ukur panjangnya. Anda bisa menyesuaikan ukuran kabel gas baru ini dengan panjang kabel gas lama dengan menambahkan selisih antara 1-3 cm. Selisih panjang kabel ini nantinya berguna untuk membentuk simpul di ujung kabel menggunakan benang jahit. Buatlah ikatan simpul yang kuat dan tidak gampang terlepas.
  5. Proses selanjutnya yaitu memasang kabel gas baru tadi dengan menyambungkannya a ke bagian skep karburator dan grip selongsong gas.
  6. Kini saatnya melakukan penyetelan untuk mendapatkan settingan gas yang tepat. Gunakan feeling Anda untuk mencari settingan yang sesuai.
  7. Sebelum digunakan kembali di jalan raya, Anda wajib mengetes hasil pekerjaan Anda terlebih dahulu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Cara Coak Body Motor yang Benar

Bagaimana cara coak body motor yang benar? Coak adalah suatu istilah dalam modifikasi sepeda motor yang menyatakan proses pemotongan body kendaraan. Teknik ini biasanya diterapkan di dalam konsep modifikasi yang bergaya drag look dan street racing. Dengan memotong beberapa bagian body yang terdapat pada sepeda motor , maka tampilan kendaraan secara keseluruhan pun akan menjadi semakin keren. Pada dasarnya, proses coak ini tidak terlalu sulit dikerjakan. Malahan Anda bisa menggunakan peralatan tukang yang sederhana. Hanya saja dibutuhkan keahlian dan ketelitian saat mengoperasikan alat-alat tersebut agar hasil potongannya tampak rapi. Biar Anda tidak bingung, silakan coba panduan coak body motor ala Pyurio di bawah ini! Alat dan Bahan yang harus disiapkan : Gergaji besi Gergaji tripleks Bor tangan Selotip Spidol Penggaris Jangka Ampelas halus Langkah-langkah memotong body motor : Buatlah sketsa yang menggambarkan pola pemotongan pada body motor terle

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s