Langsung ke konten utama

2 Penyebab Utama Ban Sepeda Motor Benjol

Apakah penyebab utama ban sepeda motor benjol? Ban merupakan komponen kendaraan yang bersentuhan langsung dengan kondisi jalan. Kerusakan sedikit saja pada ban akan sangat mempengaruhi kecepatan sepeda motor dan kenyamanannya. Apalagi bila ada benjolan pada ban tersebut, maka dapat dipastikan laju kendaraan pun menjadi tidak stabil.

Sepeda motor yang benjol pada bagian bannya tentu saja akan sangat membahayakan pengendara dan pengguna jalan yang lain. Tidak hanya motor menjadi terasa kurang enak saat dikendarai, tetapi juga ban sewaktu-waktu bisa meletus. Bukan masalah kalau di sekitar tempat bocornya ban ada bengkel tambal ban. Tetapi bagaimana jadinya kalau ban mengalami bocor ketika Anda sedang berada di tengah-tengah jalan yang sapi?

penyebab-ban-motor-benjol.jpg

Ban sepeda motor yang benjol bisa diperbaiki atau tidak, semuanya tergantung pada penyebab utamanya. Setidaknya, ada dua penyebab yang kerap menjadi biang kerok utama benjolnya ban kendaraan beroda dua. Apa sajakah itu?

Penyebab 1. Adanya Udara yang Terjebak di Dalam Ban Luar

Inlah penyebab yang paling sering mengakibatkan ban mengalami benjol. Pada saat tekanan udara di dalam ban motor Anda kurang, jarak antara ban luar dan ban dalam menjadi sedikit agak renggang. Jika motor yang bannya sedang kempes ini melewati jalan yang berlubang, jarak antara ban luar dan ban dalam tadi akan semakin terbuka sehingga menyebabkan udara bisa masuk ke tengah-tengahnya. Semakin sering Anda melewati jalan berlubang, semakin banyak pula udara yang terkumpul di antara ban dalam dan ban luar. Selanjutnya udara akan memuai dan menimbulkan tekanan pada salah satu titik ban ketika motor Anda diletakkan di tempat yang panas. Akibatnya sudah dapat ditebak yaitu timbul benjolan pada permukaan ban tersebut.

Jadi untuk mengatasinya, Anda cukup mengeluarkan udara yang terperangkap di balik ban luar. Caranya yaitu ambil sebuah jarum. Kemudian tusukkan jarum tersebut dengan hati-hati hanya pada bagian ban luar saja. Jangan sampai jarum menusuk ban dalam karena akan menimbulkan kebocoran. Setelah dirasakan jarum sudah cukup menusuk ban luar, segera lepaskan lagi. Lalu tekanlah bagian sekitar lubang ini secara perlahan-lahan dan kuat untuk menggiring semua angin keluar dari ban luar melalui lubang jarum.

Penyebab 2. Adanya Kawat Penyusun Ban Luar yang Terputus

Tahukah Anda, ban luar sepeda motor tidak hanya disusun oleh karet saja, melainkan juga kawat. Kawat inilah yang bertugas mempertahankan bentuk ban agar tetap presisi. Walaupun kawat yang ada di dalam ban luar ini sudah cukup kuat, namun kawat tersebut tetap bisa terputus apabila terkena tekanan yang ekstrem. Salah satunya adalah benturan yang dialami oleh ban ketika melintasi lubang jalan aspal/beton yang cukup dalam.

Benjolan yang diakibatkan oleh kawat penyusun ban yang terputus biasanya berukuran lebih besar daripada penyebab pertama. Tentu saja Anda tidak bisa menyambung kembali lapisan kawat ban luar yang telah terputus. Jadi mau tidak mau Anda wajib mengganti ban luar tersebut. Selalu gunakan produk ban luar yang orisinal karena mempunyai kualitas yang terjamin. Mahal bukan masalah asalkan awet dan tahan lama, jatuhnya malah lebih murah serta praktis.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Cara Coak Body Motor yang Benar

Bagaimana cara coak body motor yang benar? Coak adalah suatu istilah dalam modifikasi sepeda motor yang menyatakan proses pemotongan body kendaraan. Teknik ini biasanya diterapkan di dalam konsep modifikasi yang bergaya drag look dan street racing. Dengan memotong beberapa bagian body yang terdapat pada sepeda motor , maka tampilan kendaraan secara keseluruhan pun akan menjadi semakin keren. Pada dasarnya, proses coak ini tidak terlalu sulit dikerjakan. Malahan Anda bisa menggunakan peralatan tukang yang sederhana. Hanya saja dibutuhkan keahlian dan ketelitian saat mengoperasikan alat-alat tersebut agar hasil potongannya tampak rapi. Biar Anda tidak bingung, silakan coba panduan coak body motor ala Pyurio di bawah ini! Alat dan Bahan yang harus disiapkan : Gergaji besi Gergaji tripleks Bor tangan Selotip Spidol Penggaris Jangka Ampelas halus Langkah-langkah memotong body motor : Buatlah sketsa yang menggambarkan pola pemotongan pada body motor terle

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s