Langsung ke konten utama

3 Penyebab Korsleting Listrik pada Mobil

Tahukah Anda, apakah penyebab utama terjadinya korsleting listrik pada mobil? Di dunia yang semakin modern, keberadaan mobil begitu penting untuk mendukung aktivitas kita sehari-hari. Dengan menggunakan mobil, kita bisa berpindah tempat dari satu lokasi ke lokasi lainnya dalam waktu yang relatif singkat. Itulah kenapa, mobil seakan telah menjadi kebutuhan primer.

Komponen-komponen penyusun mobil tidak hanya terdiri atas kerangka, roda, dan mesin mobil saja. Tetapi lebih dari itu, di dalam mobil juga terdapat rangkaian elektronika yang berfungsi untuk mendukung performa kendaraan tersebut. Rangkaian ini pada dasarnya sudah dipasang sedemikian rupa agar selalu dalam keadaan aman dan tidak membahayakan. Namun seiring dengan berjalannya waktu, ada beberapa rangkaian elektronika penyusun mobil yang mengalami kerusakan. Jika tidak segera diperbaiki, komponen tersebut akan memicu terjadinya korsleting listrik yang dapat menimbulkan kebakaran.

korsleting-listrik-pada-mobil.jpg

Kami menemukan setidaknya ada tiga penyebab utama terjadinya korsleting listrik pada suatu mobil. Berikut ini beberapa sumber masalah tersebut!

Penyebab I. Kesalahan dalam Pemasangan Komponen

Setiap mobil dirangkai dengan spesifikasi tertentu. Ada batasan-batasan di mana mobil bisa memakai suatu komponen atau tidak. Kesalahan umum yang banyak dilakukan oleh para pemilik mobil ialah tidak menghiraukan faktor spesifikasi ini, terutama mereka yang hobi memodifikasi kendaraannya. Misalnya yang paling sepele adalah mengenai bohlam. Apabila Anda mengaliri listrik bertegangan lebih dari 24 volt ke bohlam yang hanya membutuhkan tegangan listrik sekitar 12 volt, maka berpotensi menyebabkan terjadinya korsleting pada bagian sekering mobil.

Penyebab II. Lapisan Kabel sudah Terkelupas

Seperti kita tahu, di dalam mobil terdapat banyak sekali kabel yang memiliki fungsi dan kegunaan masing-masing. Seiring dengan penggunaannya, beberapa kabel tersebut menjadi usang sehingga mengakibatkan lapisan pembungkus luarnya gampang terkelupas. Beruntung jika Anda berhasil menemukan kabel yang terkelupas tadi dan membungkusnya kembali dengan selotip listrik. Namun bila tidak, kabel yang sudah terkelupas tadi akan memercikkan bunga api ketika menempel pada bagian mobil yang berbahan besi sehingga dapat memicu timbulnya kebakaran.

Penyebab III. Komponen yang Terbakar

Suatu komponen yang harus menanggung beban yang terlalu berat bisa terbakar akibat panas. Jika sampai komponen yang terbakar itu berhubungan langsung dengan listrik, maka risikonya akan bertambah besar. Listrik bisa mengalami korsleting sehingga dapat mengakibatkan kebakaran dalam waktu yang relatif singkat. Jadi cek sekali lagi kondisi komponen-komponen di dalam mobil Anda dan pastikan semuanya sudah berada di posisi yang benar. Segera ganti apabila ada salah satu komponen yang berisiko besar akan terbakar.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Cara Coak Body Motor yang Benar

Bagaimana cara coak body motor yang benar? Coak adalah suatu istilah dalam modifikasi sepeda motor yang menyatakan proses pemotongan body kendaraan. Teknik ini biasanya diterapkan di dalam konsep modifikasi yang bergaya drag look dan street racing. Dengan memotong beberapa bagian body yang terdapat pada sepeda motor , maka tampilan kendaraan secara keseluruhan pun akan menjadi semakin keren. Pada dasarnya, proses coak ini tidak terlalu sulit dikerjakan. Malahan Anda bisa menggunakan peralatan tukang yang sederhana. Hanya saja dibutuhkan keahlian dan ketelitian saat mengoperasikan alat-alat tersebut agar hasil potongannya tampak rapi. Biar Anda tidak bingung, silakan coba panduan coak body motor ala Pyurio di bawah ini! Alat dan Bahan yang harus disiapkan : Gergaji besi Gergaji tripleks Bor tangan Selotip Spidol Penggaris Jangka Ampelas halus Langkah-langkah memotong body motor : Buatlah sketsa yang menggambarkan pola pemotongan pada body motor terle

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s