Langsung ke konten utama

Hal-hal yang Menyebabkan Oli Motor Rembes

Oli sepeda motor mempunyai peranan yang sangat penting. Oli memastikan semua komponen penyusun kendaraan bisa terus bergerak tanpa mengalami pergesekan. Oli akan melapisi permukaan komponen secara merata sehingga ketika bersentuhan ada lapisan oli di tengah-tengahnya. Hal inilah yang membuat komponen tersebut awet. Komponen yang bergesekan lama-kelamaan akan menjadi aus dan rusak.
Oli pelumas perlu diganti secara berkala untuk menjaga kualitasnya. Pada sepeda motor tua biasanya akan mengalami beberapa masalah terkait dengan oli. Salah satunya yaitu rembesnya oli tadi dari tangki tempat penyimpanannya. Anda yang motornya sedang mengalami masalah seperti ini harus segera melakukan pertolongan. Pasalnya motor yang olinya terus dibiarkan rembes lama-kelamaan oli di dalamnya bisa habis sehingga sangat membahayakan.
penyebab-oli-motor-rembes.jpg
Rembesnya oli pada sepeda motor bisa disebabkan oleh faktor-faktor di bawah ini!
  • Seal yang Retak atau Pecah
Oli merembes keluar salah satunya berasal dari seal yang sudah retak/pecah. Mesin yang terlalu panas akan mengeraskan seal yang notabene terbuat dari bahan karet. Lambat laun seal tersebut menjadi kaku dan akhirnya retak/pecah. Solusinya cuma satu yaitu mengganti seal tersebut. Seal untuk motor bebek harganya sekitar Rp 100 ribuan. Sedangkan seal untuk motor matic harganya di kisaran Rp 150-200 ribu.
  • Packing Mesin yang Rusak
Selain seal, oli mesin juga bisa merembes keluar jika packing mesin motor rusak. Rusaknya packing tersebut menyebabkan terbentuknya celah-celah yang menjadi jalur oli untuk bisa mengalir. Kasus ini umumnya terjadi pada sepeda motor yang sudah lawas. Tapi sayangnya, perbaikan terhadap packing yang rusak ini cukup sulit dilakukan. Anda membutuhkan orang ahli yang bisa menemukan celah kerusakan tersebut kemudian menambalnya.
  • Oli Terbakar di Ruang Pembakaran
Bagaimana bisa oli terbakar di ruang pembakaran? Penyebabnya tidak lain karena Anda terlalu banyak mengisikan oli. Contohnya kapasitas oli sebanyak 0,8 liter diisi dengan oli sebanyak 1 liter. Akibatnya terjadi peristiwa oil up yakni melubernya oli ini melalui lubang pernapasan ke filter udara dan ruang karburator. Oli yang terbakar di ruang pembakaran bisa dikenali lewat warna asap knalpot yang berwarna putih dan pekat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s

Tata Cara Mengganti Lampu Utama Sepeda Motor

Bagaimana cara mengganti lampu utama sepeda motor? Pada kendaraan roda dua, lampu utama berfungsi sebagai penerang jalan dan pemberitahu pengendara lain akan keberadaan kita. Oleh sebab itu, lampu utama ini harus selalu menyala, baik saat malam maupun siang hari. Lampu Sepeda Motor Pada dasarnya, mengganti lampu sepeda motor dapat dilakukan dengan mudah. Kuncinya adalah kesabaran untuk membuka casing secara hati-hati agar tidak menimbulkan goresan dan lecet. Di bawah ini tata cara panduannya oleh Pyurio untuk anda! Alat dan Bahan : Lampu utama Obeng Kuas Langkah-langkah : Posisikan sepeda motor dengan bersandar pada standar tengah sehingga lebih mudah diotak-atik. Gunakan obeng untuk melepas seluruh sekrup yang menahan casing batok pembungkus lampu utama. Bersihkanlah bagian dalam casing memakai kuas untuk menghilangkan debu yang menumpuk. Buka karet penutup fitting dan lepaskan fitting dengan menekan lalu memutarnya berlawanan arah jarum jam. Rogoh bohlam l