Langsung ke konten utama

Ini Dia 6 Ciri-ciri Segitiga Motor yang Rusak

Berkendara menggunakan sepeda motor tentunya harus dilakukan sebaik mungkin. Anda perlu waspada terhadap kondisi sekeliling. Apalagi saat berkendara di jalan raya, di mana Anda butuh lebih dari sekadar keahlian, tetapi juga refleks terhadap segala kemungkinan buruk yang dapat terjadi. Oleh sebab itu, Anda harus memastikan bahwa sepeda motor bisa dikendalikan dengan baik serta tidak mengalami gangguan pada sistem kemudinya.
Handling motor bisa terganggu akibat segitiga komstir yang bermasalah. Namun masih sedikit pengguna sepeda motor yang memahami bagaimana tanda-tanda kerusakan pada bagian ini. Sehingga kebanyakan orang hanya akan memeriksa bagian roda saja manakala handling bermasalah. Hal paling utama yang menandakan adanya masalah pada komstir sebenarnya bisa dideteksi sejak awal. Ada ciri-ciri yang bisa dikenali sebagai tanda komstir harus diperbaiki.
ciri-ciri-segitiga-motor.jpg
Berikut ini ciri-ciri lengkap bahwa segitiga motor mengalami kerusakan, antara lain :
  1. Apabila Anda merasa sulit mengendalikan arah stang sepeda motor bisa jadi pertanda awal segitiga motor yang rusak. Kendala ini biasanya dirasakan ketika Anda akan membelokkan stang, tetapi stang tersebut malah sedikit melawan dan sulit dikendalikan.
  2. Kerusakan pada segitiga motor juga dapat menyebabkan putaran stang menjadi terasa berat khususnya ketika akan digunakan bermanuver. Handling motor ini terasa sangat kaku tidak seperti biasanya. Sehingga Anda sebagai pengendara kesulitan saat ingin berbelok.
  3. Rusaknya segitiga motor kadang-kadang menimbulkan efek berupa suara gemeletuk yang timbul pada sektor stang. Suara ini akan muncul setiap kali sepeda motor Anda melewati jalan bergelombang, tidak rata, atau melakukan proses pengereman secara mendadak.
  4. Pelor bearing juga bisa mengalami aus akibat rusaknya segitiga motor ini. Gejala longgar ini biasanya akan timbul setelah masalah tersebut lama dibiarkan sehingga membuat pelor mulai lepas. Akibatnya komstir pun menjadi tidak stabil lagi dan dudukan stang terasa oblak.
  5. Gejala getaran terasa sangat kuat apabila segitiga motor rusak. Getaran ini umumnya semakin terasa ketika motor melaju dengan kecepatan yang tinggi. Getaran yang berasal dari stang akan terasa hingga ke seluruh badan. Hal ini berbeda dengan getaran akibat velg.
  6. Kerusakan pada segitiga motor juga akan membuat timbulnya gap alias jarak ketika Anda menggunakan rem depan. Hal ini mengakibatkan jarak pengereman berubah. Bahkan untuk kasus yang parah, rem terasa seperti blong karena tidak pakem ketika Anda menekannya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An...

Langkah-langkah Cara Coak Body Motor yang Benar

Bagaimana cara coak body motor yang benar? Coak adalah suatu istilah dalam modifikasi sepeda motor yang menyatakan proses pemotongan body kendaraan. Teknik ini biasanya diterapkan di dalam konsep modifikasi yang bergaya drag look dan street racing. Dengan memotong beberapa bagian body yang terdapat pada sepeda motor , maka tampilan kendaraan secara keseluruhan pun akan menjadi semakin keren. Pada dasarnya, proses coak ini tidak terlalu sulit dikerjakan. Malahan Anda bisa menggunakan peralatan tukang yang sederhana. Hanya saja dibutuhkan keahlian dan ketelitian saat mengoperasikan alat-alat tersebut agar hasil potongannya tampak rapi. Biar Anda tidak bingung, silakan coba panduan coak body motor ala Pyurio di bawah ini! Alat dan Bahan yang harus disiapkan : Gergaji besi Gergaji tripleks Bor tangan Selotip Spidol Penggaris Jangka Ampelas halus Langkah-langkah memotong body motor : Buatlah sketsa yang menggambarkan pola pemotongan pada body motor terle...

Seperti Ini Cara Setel Pelek Jari-jari Sepeda Motor

Bagaimana caranya menyetel pelek jari-jari sepeda motor? Kepopuleran pelek jari-jari di kalangan penggemar kendaraan bermotor kini kembali meningkat. Pasalnya, pelek ini dinilai mempunyai tampilan tersendiri yang lain daripada pelek racing. Apalagi pelek ruji ini juga bisa digunakan dalam setiap modifikasi motor dengan tema apapun. Sebelum menyetel pelek jari-jari motor, Anda perlu memperhatikan faktor-faktor persiapannya terlebih dahulu sebagai berikut : Selalu pilih pelek sepeda motor dengan spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pelek yang kuat ditandai dari bentuknya yang standar, baik U shape maupun E shape. Jika Anda memiliki kocek yang berlebih, gunakanlah pelek yang telah diakui kualitasnya secara internasional. Gunakan tromol yang asli sesuai dengan standar dari pabrikan motor tersebut. Hal ini disebabkan tromol asli memiliki bentuk yang lebih presisi sehingga akan mempermudah Anda dalam menyetel jari-jari pelek. Di samping itu, tromol asli juga terbukti lebi...