Langsung ke konten utama

Perbaiki Rem Cakram yang Blong dengan Cara Ini

Adanya rem pada sepeda motor memungkinkan kita dapat mengatur laju kendaraan beroda dua ini. Rem dapat memperlambat gerakan perputaran roda motor hingga akhirnya kita bisa menguasainya kembali. Bahkan jika diperlukan, kita pun dapat menghentikan laju kendaraan dengan aman menggunakan kombinasi rem depan dan rem belakang yang tepat. Mengingat fungsi rem yang begitu penting, Anda harus merawatnya sebaik mungkin.
Rem cakram yang tidak mendapatkan perawatan yang baik akan mengalami masalah. Salah satunya yaitu rem tersebut menjadi blong sehingga tidak bisa digunakan. Kasus rem yang blong ini sebenarnya termasuk perkara yang sepele, tetapi dampaknya bisa sangat fatal. Penyebab dari masalah ini ialah udara yang terjebak di dalam sistem sehingga proses pengereman tidak bisa berjalan sebagaimana mestinya.
cara-perbaiki-rem-cakram.jpg
Cobalah cek kembali kondisi rem cakram yang tertanam pada sepeda motor Anda. Apabila kondisinya blong, Anda bisa memperbaikinya sendiri menggunakan solusi di bawah ini!
Bahan yang dibutuhkan :
  • Oli rem
Alat-alat yang digunakan :
  • Kunci ring
  • Selang kecil
  • Plastik
Langkah-langkah pengerjaan :
  1. Tekan tuas rem menggunakan tenaga yang cukup kuat, lalu lepaskan kembali. Lakukan gerakan menekan dan melepaskan tuas rem ini secara berulang-ulang dan cepat sampai terasa ada tekanan yang muncul. Setelah Anda merasakan tekanannya, silakan tahan posisi menekan tuas.
  2. Kendurkan baut nipel sedikit saja untuk membuka cengkeramannya. Usahakan jangan sampai baut ini terlepas. Posisi baut yang kendur lantas menyebabkan oli rem keluar melalui celah yang terbentuk. Perhatikan aliran oli rem untuk mendeteksi udara yang terjebak di dalamnya.
  3. Aliran oli rem yang pelan, lemah, dan sedikit menandakan kalau ada udara yang terjebak di dalam sistem pengereman. Anda harus terus membiarkan oli rem mengalir keluar. Hentikan apabila aliran oli rem sudah deras dan kencang karena sudah tidak ada lagi udara yang terjebak.
  4. Di sini Anda memang harus mengendurkan dan mengencangkan baut nipel beberapa kali hingga terdeteksi udara yang terjebak di dalam sistem pengereman sudah keluar semuanya. Ingat tandanya adalah aliran oli rem terlihat deras. Setelah Anda melihatnya segera kencangkan posisi baut nipel.
  5. Anda juga harus mengisi tabung reservoir master rem menggunakan oli rem yang baru selama proses ini berlangsung. Jangan biarkan oli rem yang sudah berada di dalam sistem pengereman tersebut habis akibat Anda mengeluarkannya melalui celah pada baut nipel. Hal ini justru membuat udara masuk lebih banyak lagi.
  6. Jika Anda sudah melihat aliran oli rem tampak deras, kencangkanlah baut nipel dengan segera. Kemudian bersihkan bodi sepeda motor memakai kain microfiber, terutama di area sekitar bidang kerja. Oli rem ini bersifat keras sehingga dapat merusak lapisan cat bila tidak segera dibersihkan. Setelah itu, Anda bisa mencoba kinerja rem cakram yang telah diperbaiki ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Cara Coak Body Motor yang Benar

Bagaimana cara coak body motor yang benar? Coak adalah suatu istilah dalam modifikasi sepeda motor yang menyatakan proses pemotongan body kendaraan. Teknik ini biasanya diterapkan di dalam konsep modifikasi yang bergaya drag look dan street racing. Dengan memotong beberapa bagian body yang terdapat pada sepeda motor , maka tampilan kendaraan secara keseluruhan pun akan menjadi semakin keren. Pada dasarnya, proses coak ini tidak terlalu sulit dikerjakan. Malahan Anda bisa menggunakan peralatan tukang yang sederhana. Hanya saja dibutuhkan keahlian dan ketelitian saat mengoperasikan alat-alat tersebut agar hasil potongannya tampak rapi. Biar Anda tidak bingung, silakan coba panduan coak body motor ala Pyurio di bawah ini! Alat dan Bahan yang harus disiapkan : Gergaji besi Gergaji tripleks Bor tangan Selotip Spidol Penggaris Jangka Ampelas halus Langkah-langkah memotong body motor : Buatlah sketsa yang menggambarkan pola pemotongan pada body motor terle

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s