Langsung ke konten utama

Cara Merawat Motor Matic biar Semakin Mantap

Motor matic bisa menjadi salah satu kendaraan alternatif untuk mudik ke kampung halaman. Tentu penggunaan motor ini untuk menempuh perjalanan jauh memiliki banyak keunggulan. Sepeda motor matic akan membuat perjalanan Anda terasa lebih asyik sekaligus hemat biaya. Anda bisa lebih bebas dalam merencanakan perjalanan jauh dan apa-apa yang harus dilakukan di dalamnya. Pengalaman baru pasti bakal didapatkan.
Tugas wajib yang perlu Anda lakukan sebelum memulai perjalanan tersebut ialah memeriksa kondisi motor matic yang dimiliki. Kali ini motor matic merupakan kendaraan utama Anda jadi performanya harus dipastikan sebaik mungkin. Perlu Anda ketahui, motor matic mempunyai sistem yang lebih rumit daripada motor sport atau motor injeksi. Jumlah mekanik yang tahu tentang motor ini juga lebih sedikit.
cara-merawat-motor-matic.jpg
Mencegah itu lebih baik ketimbang mengobati. Sebelum motor matic Anda mengalami rusak di tengah perjalanan, ada baiknya Anda melakukan upaya pencegahan dengan langkah-langkah sebagai berikut!
Periksa CVT
CVT pada motor matic mempunyai peranan yang sangat penting sehingga perlu mendapat perhatian khusus. Terutama pada drive belt yang harus dicek kondisinya apakah masih bagus atau tidak. Apabila kondisinya sudah retak-retak sebaiknya diganti dengan yang baru. Usia pakai drive belt rata-rata sekitar 15.000-20.000 km. Begitu pula dengan roller, jika sudah aus atau tidak bulat perlu diganti.
Cek Kopling
Selanjutnya Anda harus melakukan pemeriksaan pada bagian kopling dan pegasnya. Periksa dengan teliti apakah kondisi bantalan kopling tersebut sudah tipis atau masih cukup tebal. Bantalan yang sudah tipis harus segera diganti baru. Sebab jika tidak, risiko slip dapat menimpa kendaraan. Akibatnya performa kendaraan melemah terutama saat melalui tanjakan serta CVT lebih cepat panas.
Atur Rem
Rem juga memiliki peranan yang sangat penting dalam mengendalikan laju sepeda motor matic. Baik rem depan maupun rem belakang, keduanya sama-sama harus dipastikan memiliki performa yang prima. Anda perlu mengeceknya secara langsung guna mengetahui kondisi rem ini dengan pasti. Pastikan jarak main rem tidak terlalu jauh, tetapi juga jangan terlalu pakem. Pastikan pula tidak ada suara decitan yang muncul.
Atur Klep
Jarak kerenggangan klep perlu Anda perhatikan dengan baik. Aturlah jarak kerenggangan klep tersebut sesuai dengan informasi yang tertera dalam buku manual kendaraan. Usahakan Anda tidak mengaturnya terlalu renggang atau terlalu rapat. Cukup yang pas saja sehingga komposisi pemakaian bahan bakar dan udara menjadi seimbang. Jangan lupa juga untuk membersihkan kondisi saringan udara memakai produk pembersih khusus.
Ganti Oli
Jika telah mendekati waktu penggantian oli, maka sebaiknya Anda langsung mengganti saja oli mesin sepeda motor. Pastikan Anda memakai oli yang sesuai dengan spesifikasi kendaraan. Selain itu, Anda perlu melakukan pelumasan secara manual pada bagian-bagian motor matic yang membutuhkannya. Misalnya seperti pangkal tuas rem dan footstep. Khusus bagian ini, pakai pelumas yang mengandung silikon agar mudah dibersihkan nantinya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Cara Coak Body Motor yang Benar

Bagaimana cara coak body motor yang benar? Coak adalah suatu istilah dalam modifikasi sepeda motor yang menyatakan proses pemotongan body kendaraan. Teknik ini biasanya diterapkan di dalam konsep modifikasi yang bergaya drag look dan street racing. Dengan memotong beberapa bagian body yang terdapat pada sepeda motor , maka tampilan kendaraan secara keseluruhan pun akan menjadi semakin keren. Pada dasarnya, proses coak ini tidak terlalu sulit dikerjakan. Malahan Anda bisa menggunakan peralatan tukang yang sederhana. Hanya saja dibutuhkan keahlian dan ketelitian saat mengoperasikan alat-alat tersebut agar hasil potongannya tampak rapi. Biar Anda tidak bingung, silakan coba panduan coak body motor ala Pyurio di bawah ini! Alat dan Bahan yang harus disiapkan : Gergaji besi Gergaji tripleks Bor tangan Selotip Spidol Penggaris Jangka Ampelas halus Langkah-langkah memotong body motor : Buatlah sketsa yang menggambarkan pola pemotongan pada body motor terle

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s