Langsung ke konten utama

Cara Memperbaiki Kaca Spion Motor yang Loyo

Bagaimana cara memperbaiki kaca spion motor yang loyo? Perlu kami ingatkan sekali lagi bahwa spion pada sepeda motor memiliki fungsi yang sangat penting. Spion ini mempunyai peranan layaknya mata ketiga dan keempat kita. Spion tersebut memungkinkan kita bisa melihat kondisi di belakang tanpa kita harus menolehnya secara langsung. Cukup lihat saja tangkapan bayangan yang ada di permukaan kaca spion tersebut, maka dengan mudah kita bisa melihat kondisinya secara langsung.
Sepeda motor selalu dilengkapi dengan dua spion yang terpasang di sebelah kanan dan kiri. Spion kanan berguna untuk menangkap bayangan yang ada di area belakang sebelah kanan. Kita biasanya menggunakan spion ini pada saat hendak menyeberang jalan atau berbelok ke kanan. Begitu pula dengan spion kiri yang berfungsi untuk menangkap bayangan di area belakang sebelah kiri. Spion ini biasanya kita gunakan ketika akan menepi ke pinggir jalan atau berbelok ke arah kiri.
cara-memasang-kaca-spion.jpg
Tetapi apa jadinya kalau kaca spion tersebut loyo? Akibatnya Anda tidak bisa menggunakannya dengan baik. Pada dasarnya, loyonya kaca spion disebabkan karena kurang menggigitnya bola lengan spion ke bodi kaca. Hal ini menyebabkan posisi spion menjadi gampang berubah-ubah dan rentan jatuh. Anda harus segera memperbaikinya agar tidak terjadi masalah yang lebih fatal. Berikut ini trik-triknya!
Alat dan Bahan :
  • Kunci ring yang sesuai
  • Selotip
  • Gunting
Langkah-langkah :
  1. Lepaskan kaca spion sepeda motor dari tempatnya.
  2. Pisahkan antara bagian bodi kaca dan lengan spion.
  3. Tempelkan selotip di kepala lengan spion sebanyak 2-3 lapisan.
  4. Tempelkan juga selotip di dudukan kepala lengan yang ada di bodi kaca 2-3 lapisan.
  5. Satukan kembali bagian bodi kaca dan lengan spion tersebut.
  6. Adanya selotip di sela-selanya membuat bodi kaca dan lengan spion bisa menyatu dengan kuat.
  7. Selanjutnya Anda tinggal memasang kembali kaca spion tadi ke dudukannya semula.
Solusi di atas sangat ampuh digunakan untuk mengatasi kaca spion yang loyo, posisinya tidak stabil, tidak bisa berdiri tegak, atau posisinya gampang berubah ketika mendapatkan tekanan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Cara Coak Body Motor yang Benar

Bagaimana cara coak body motor yang benar? Coak adalah suatu istilah dalam modifikasi sepeda motor yang menyatakan proses pemotongan body kendaraan. Teknik ini biasanya diterapkan di dalam konsep modifikasi yang bergaya drag look dan street racing. Dengan memotong beberapa bagian body yang terdapat pada sepeda motor , maka tampilan kendaraan secara keseluruhan pun akan menjadi semakin keren. Pada dasarnya, proses coak ini tidak terlalu sulit dikerjakan. Malahan Anda bisa menggunakan peralatan tukang yang sederhana. Hanya saja dibutuhkan keahlian dan ketelitian saat mengoperasikan alat-alat tersebut agar hasil potongannya tampak rapi. Biar Anda tidak bingung, silakan coba panduan coak body motor ala Pyurio di bawah ini! Alat dan Bahan yang harus disiapkan : Gergaji besi Gergaji tripleks Bor tangan Selotip Spidol Penggaris Jangka Ampelas halus Langkah-langkah memotong body motor : Buatlah sketsa yang menggambarkan pola pemotongan pada body motor terle

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s