Langsung ke konten utama

Tips agar Shockbreaker Depan Motor Lebih Empuk

Disadari atau tidak shockbreaker depa pada sepeda motor memang memegang peranan yang sangat penting pada fungsi handling dan kenyamanan kendaraan. Pengendara pasti akan merasa tidak nyaman kalau bantingan shockbreaker tersebut terasa keras. Bahkan bukan tak mungkin bantingan yang terlalu keras ini bisa menyebabkan kerusakan pada komponen motor lainnya. Itu sebabnya, Anda tidak boleh menganggap remeh masalah ini.
Kebanyakan kasus kerasnya shockbreaker depan disebabkan oleh kualitas oli yang jelek atau volumenya yang tidak seimbang antara bagian kanan dan kiri. Akibatnya adalah daya redam shockbreaker pun menurun. Oli shockbreaker yang bagus ditandai dari warnanya yang masih merah. Jika kualitasnya sudah berubah, ada baiknya Anda mengganti oli shock-nya. Bawaan standarnya 75 ml. Tapi agar lebih empuk Anda bisa mengisinya sebanyak 70 ml atau dikurangi sedikit.
shockbreaker-depan-lebih-empuk.jpg
Faktor-faktor yang menyebabkan shockbreaker terasa keras di antaranya :
  1. Oli shockbreaker sudah kotor atau terlalu kental
  2. Oli seal yang mengalami kebocoran
  3. Kerikil yang masuk ke dalam lapisan as shockbreaker
  4. Bentuk as shockbreaker yang bengkok atau melengkung
  5. Pengisian oli shockbreaker yang terlalu banyak
Di bawah ini tabel kapasitas volume oli shockbreaker yang dianjurkan masing-masng tipe sepeda motor!
Tipe Sepeda Motor Kapasitas Oli (ml)
Honda Grand 52
Honda Supra X/Fit 64
Honda Karisma 68
Honda Kirana 70
Honda Vario 75
Honda GL 100/GL 125 80
Honda Win 81
Honda Gl Pro/Max 157
Honda Mega Pro 159
Honda New Mega Pro 163
Honda Tiger 126
Honda New Tiger 135
Honda CS 1 54,5
Honda Beat 76
Honda Blade 65,5
Honda New Revo 110 65,5
Yamaha Vega R 61
Yamaha Vega ZR 67
Yamaha Jupiter Z 61
Yamaha Jupiter MX 64
Yamaha Vixion 230
Yamaha Scorpio Spoke 252
Yamaha Scorpio CW 244
Yamaha Rx King 177
Yamaha Mio/Mio Soul 53
Yamaha New Mio 60
Yamaha Nouvo 63
Suzuki Shogun 125/F1/Smash 51
Suzuki Spin/Skywive/Skydrive 55
Suzuki Satria F 103,5
Suzuki Thunder 125 150
Suzuki Thunder 250 250
Kawasaki Blitz 52,7
Kawasaki Kaza 52,3
Kawasaki Kaze Zr 64
Kawasaki Ninja 250 310
Kawasaki Pulsar 180 145
Kawasaki Pulsar 200 165
Kawasaki XCD 125 145
Kiat-kiat lainnya yang bisa dilakukan untuk membuat shockbreaker depan sepeda motor terasa lebih empuk yaitu :
  • Kecilkan ukuran lubang suling guna menahan derasnya aliran oli di dalam shockbreaker sehingga rasanya menjadi lebih empuk.
  • Gunakan per yang karakteristiknya lebih rapat sehingga daya pantulnya lebih stabil dan daya rebound-nya lebih lembut.
  • Gantilah oli shockbreaker yang sudah lama dengan oli baru sesuai standar. Isikan oli tersebut sesuai tabel anjuran di atas.
  • Pakai ring (washer) orisinal untuk mengganjal sehingga lebih aman, tidak mudah, terkikis, serta tak gampang rusak.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Cara Coak Body Motor yang Benar

Bagaimana cara coak body motor yang benar? Coak adalah suatu istilah dalam modifikasi sepeda motor yang menyatakan proses pemotongan body kendaraan. Teknik ini biasanya diterapkan di dalam konsep modifikasi yang bergaya drag look dan street racing. Dengan memotong beberapa bagian body yang terdapat pada sepeda motor , maka tampilan kendaraan secara keseluruhan pun akan menjadi semakin keren. Pada dasarnya, proses coak ini tidak terlalu sulit dikerjakan. Malahan Anda bisa menggunakan peralatan tukang yang sederhana. Hanya saja dibutuhkan keahlian dan ketelitian saat mengoperasikan alat-alat tersebut agar hasil potongannya tampak rapi. Biar Anda tidak bingung, silakan coba panduan coak body motor ala Pyurio di bawah ini! Alat dan Bahan yang harus disiapkan : Gergaji besi Gergaji tripleks Bor tangan Selotip Spidol Penggaris Jangka Ampelas halus Langkah-langkah memotong body motor : Buatlah sketsa yang menggambarkan pola pemotongan pada body motor terle

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s