Langsung ke konten utama

Perbandingan antara Oli Kental VS Oli Encer

Sepeda motor terdiri atas komponen-komponen yang tersusun sedemikian rupa membentuk satu kesatuan. Khususnya di bagian mesin, komponen-komponen ini akan saling bergesekan satu sama lain pada saat bergerak untuk menghasilkan tenaga. Jika tidak diantisipasi dengan baik, gesekan antar komponen tersebut akan menimbulkan dampak negatif yaitu komponen akan saling mengikis sehingga lama-kelamaan menjadi aus.
Oli diketahui mampu mencegah pengikisan pada komponen-komponen sepeda motor. Oli menjadi pelapis yang berada di permukaan komponen. Jadi ketika ada beberapa komponen yang bergesekan, maka oli akan menjadi lapisan yang berada di tengah-tengahnya. Oli ini akan menjadi selimut yang melindungi komponen agar dapat bergesekan dengan komponen lainnya secara aman. Inilah fungsi utama dari oli.
perbandingan-oli-encer-dan-kental.jpg
Di pasaran, ada dua jenis oli mesin berdasarkan tingkat kekentalannya yaitu oli kental dan oli encer. Sebenarnya kedua jenis oli tersebut sama-sama bagus asalkan digunakan sesuai dengan spesifikasi mesin dan kebutuhannya. Akan tidak bagus manakala Anda menggunakan oli kental untuk mesin yang notabene memerlukan oli yang encer, atau sebaliknya. Rekomendasi jenis oli yang sebaiknya dipakai biasanya tercantum di dalam buku manual kendaraan.
Di bawah ini perbandingan antara oli kental dan oli encer beserta saran penggunaannya :
Oli Kental
Oli kental pada umumnya direkomendasikan untuk dipakai pada sepeda motor keluaran lama. Oli ini akan memberikan lapisan perlindungan yang tebal pada permukaan komponen sehingga dapat bergesekan secara aman. Celah-celah antar komponen yang ukurannya cukup longgar juga bisa diisi dengan baik oleh oli jenis ini.
Itu sebabnya, motor keluaran terbaru yang sudah berusia di atas 5 tahun sebaiknya memakai oli kental mengingat ukuran celah-celah di antara komponennya sudah cukup longgar. Dibutuhkan tenaga yang besar bagi mesin untuk dapat mengalirkan oli ini. Hal tersebut berdampak pada tarikan mesin yang terasa berat dan kurang bertenaga.
Oli Encer
Sepeda motor keluaran terbaru umumnya disarankan untuk menggunakan oli encer. Hal ini dikarenakan motor produksi terbaru sudah dibekali teknologi yang canggih, termasuk dalam sistem pendinginannya. Ada komponen lain yang bertugas sebagai pendingin mesin, bukan hanya oli. Sehingga fungsi oli bisa lebih dimaksimalkan sebagai pelindung komponen.
Karena bersifat encer, mesin bisa dengan mudah mengalirkan oli ini. Tidak dibutuhkan tenaga yang besar untuk menggerekkannya. Tenaga yang dihasilkannya pun menjadi lebih gahar serta tarikannya lebih ringan. Namun sayangnya oli encer memiliki kemampuan pelumasan yang kurang baik.
PERBANDINGAN
Berikut ini perbandingan antara oli kental vs oli encer, antara lain :
  1. Oli kental memiliki daya lumas yang lebih baik daripada oli encer.
  2. Oli encer lebih mudah dialirkan oleh mesin ketimbang oli yang kental.
  3. Tarikan mesin yang menggunakan oli encer lebih ringan dibandingkan mesin dengan oli kental.
  4. Tenaga yang dihasilkan oleh mesin yang memakai oli encer pun lebih besar daripada mesin dengan oli kental.
  5. Oli encer cocoknya dipakai untuk sepeda motor baru. Sedangkan motor lama lebih baik menggunakan oli kental.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Cara Coak Body Motor yang Benar

Bagaimana cara coak body motor yang benar? Coak adalah suatu istilah dalam modifikasi sepeda motor yang menyatakan proses pemotongan body kendaraan. Teknik ini biasanya diterapkan di dalam konsep modifikasi yang bergaya drag look dan street racing. Dengan memotong beberapa bagian body yang terdapat pada sepeda motor , maka tampilan kendaraan secara keseluruhan pun akan menjadi semakin keren. Pada dasarnya, proses coak ini tidak terlalu sulit dikerjakan. Malahan Anda bisa menggunakan peralatan tukang yang sederhana. Hanya saja dibutuhkan keahlian dan ketelitian saat mengoperasikan alat-alat tersebut agar hasil potongannya tampak rapi. Biar Anda tidak bingung, silakan coba panduan coak body motor ala Pyurio di bawah ini! Alat dan Bahan yang harus disiapkan : Gergaji besi Gergaji tripleks Bor tangan Selotip Spidol Penggaris Jangka Ampelas halus Langkah-langkah memotong body motor : Buatlah sketsa yang menggambarkan pola pemotongan pada body motor terle

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s