Langsung ke konten utama

Cara Memundurkan Mobil bagi Pemula

Pada kesempatan kali ini kita akan belajar memundurkan mobil, khususnya untuk Anda para pemula. Sebenarnya untuk dapat menggerakkan mobil ke arah mundur tidak terlalu susah kok. Kita hanya perlu memasukkan persneling ke posisi (R) yang berarti mundur. Kemudian injak gas secara perlahan-lahan, maka secara otomatis mobil pun akan bergerak mundur.

Namun dalam pelaksanaannya, memundurkan mobil membutuhkan trik-trik tersendiri. Tujuannya agar mobil tetap aman dan tidak menubruk benda apapun. Anda harus bersikap waspada terhadap segala risiko yang bakal timbul. Perhatikan kondisi di sekitar. Tidak lucu kan kalau mobil Anda penyok akibat keteledoran dalam memundurkan mobil?

memundurkan-mobil-untuk-pemula.jpg

Nah biar sempurna, mari belajar memundurkan mobil bersama-sama!

Amati Kondisi Sekitar

Dalam memundurkan mobil, Anda harus memperhatikan kondisi di sekitar mobil tersebut, baik di depan maupun belakang kendaraan. Untuk memantau kondisi ini, Anda bisa melihatnya dari kaca spion kanan, kaca spion kiri, dan kaca spion tengah. Jangan memperhatikan lingkungan melalui salah satu kaca spion saja. Hindari pula menjadikan posisi setir sebagai patokan dalam menentukan kelurusan.

Jalankan secara Perlahan

Lumrahnya pandangan orang akan terasa lebih kaku ketika memundurkan mobil daripada memajukannya. Hal ini dikarenakan posisi semua benda seolah-olah menjadi terbalik sehingga refleks tubuh pun agak melambat dalam mengenali kondisi di area belakang. Jadi dalam memundurkan kendaraan hendaknya lebih hati-hati. Disarankan untuk menggerakkan mobil secara perlahan-lahan, jauh lebih pelan dibandingkan dengan memajukan mobil. Posisikan kaki kiri Anda menginjak pedal kopling cukup setengah. Sedangkan posisi kaki kanan tetap waspada untuk berpindah-pindah dari pedal gas dan pedal rem

Perhatikan Ujung Mobil

Pada saat mobil Anda harus mundur dengan posisi berbelok yang mentok ke satu arah, selalu perhatikan area di sekitar ujung depan mobil tersebut. Biasanya area ini yang paling rawan menghantam benda-benda di sekelilingnya. Bila Anda sudah waspada tetapi bagian ini tetap akan menyenggol benda lain, cobalah maju sedikit lagi lalu kurangi putaran setir sampai lurus. Teruslah berkonsentrasi dan bagi pandangan Anda ke segala penjuru. Kini coba mundurkan mobil sekali lagi dengan gerakan yang lebih pelan.

Prosedur yang Tepat

Adapun prosedur memundurkan mobil yang benar dimulai dengan menginjak kopling secara penuh dan tahan. Berikutnya pindahkan posisi persneling ke gigi (R). Caranya yakni doronglah persneling dari gigi netral ke arah kanan pojok, lalu tarik ke arah bawah. Setelah persneling sudah dalam posisi R, selanjutnya Anda bisa mengangkat kopling secara perlahan-lahan. Maka mobil pun akan bergerak ke arah mundur. Ketika masih tahap belajar sebaiknya jangan memainkan gas dahulu untuk memundurkan mobil tersebut. Sesekali Anda pun harus menekan pedal rem untuk memperlambat laju kendaraan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Cara Coak Body Motor yang Benar

Bagaimana cara coak body motor yang benar? Coak adalah suatu istilah dalam modifikasi sepeda motor yang menyatakan proses pemotongan body kendaraan. Teknik ini biasanya diterapkan di dalam konsep modifikasi yang bergaya drag look dan street racing. Dengan memotong beberapa bagian body yang terdapat pada sepeda motor , maka tampilan kendaraan secara keseluruhan pun akan menjadi semakin keren. Pada dasarnya, proses coak ini tidak terlalu sulit dikerjakan. Malahan Anda bisa menggunakan peralatan tukang yang sederhana. Hanya saja dibutuhkan keahlian dan ketelitian saat mengoperasikan alat-alat tersebut agar hasil potongannya tampak rapi. Biar Anda tidak bingung, silakan coba panduan coak body motor ala Pyurio di bawah ini! Alat dan Bahan yang harus disiapkan : Gergaji besi Gergaji tripleks Bor tangan Selotip Spidol Penggaris Jangka Ampelas halus Langkah-langkah memotong body motor : Buatlah sketsa yang menggambarkan pola pemotongan pada body motor terle

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s