Langsung ke konten utama

Cara Praktis Membuat Rem Tromol Pakem

Bagaimana cara membuat rem tromol pakem? Rem pada dasarnya merupakan komponen yang berfungsi untuk memperlambat perputaran roda. Ada dua macam rem yang melengkapi sepeda motor yaitu rem tromol dan rem cakram. Teknologi rem tromol ditemukan lebih dulu dibandingkan dengan rem cakram. Meskipun begitu, rem tromol masih digunakan hingga sekarang khususnya untuk sistem pengereman sepeda motor bagian belakang.

Agar rem selalu dapat manjalankan peranannya dengan baik, Anda harus merawat rem tersebut secara rutin. Pemeriksaan juga perlu dilakukan supaya rem tersebut tidak kehilangan daya cengkeramnya. Namun jika rem tromol yang terdapat di motor Anda sudah tidak pakem lagi, wajib hukumnya bagian Anda untuk memperbaikinya sesegera mungkin. Beberapa tanda rem yang perlu diperbaiki kondisinya antara lain injakan terasa dalam serta perputaran roda tidak lekas melambat.

membuat-rem-tromol-pakem.jpg

Pekerjaan memperbaiki rem tromol supaya pakem lagi tidak terlalu susah kok. Cobalah panduan dari Pyurio di bawah ini!

  1. Bukalah as roda dan baut yang tersambung dengan rem tromol. Lakukan pekerjaan ini dengan hati-hati memakai kunci yang sesuai. Apabila ada baut yang sudah rusak, Anda bisa membukanya dengan mudah menggunakan tips di sini.
  2. Secara perlahan-lahan, lepaskan dudukan kampas rem dan tromol lalu bersihkan menggunakan kain lap. Jika ada, Anda bisa menyemprotkan angin bertekenan tinggi ke permukaan kampas rem dan tromol tersebut menggunakan kompresor supaya lebih bersih.
  3. Berikutnya lepaskan kampas rem dari dudukannya, kemudian rendamlah di dalam air bersih selama beberapa waktu. Setelah itu, jemurlah kampas tersebut di bawah sinar matahari sampai kondisinya kering kembali.
  4. Setelah benar-benar kering, Anda bisa memasang kampas rem tadi di dudukannya seperti semula. Jangan lupa untuk mengoleskan sabun colek secukupnya ke permukaan tromol dan kampas rem sehingga lebih kesat.
  5. Sebagai langkah terakhir, Anda dapat mengencangkan posisi baut kabel rem yang terdapat di tromol. Lakukan proses penyetelan ini hingga didapatkan posisi tingkat kekencangan rem tromol yang sesuai dengan kebiasaan Anda.

Selamat mencoba! Semoga berhasil!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An...

Langkah-langkah Cara Coak Body Motor yang Benar

Bagaimana cara coak body motor yang benar? Coak adalah suatu istilah dalam modifikasi sepeda motor yang menyatakan proses pemotongan body kendaraan. Teknik ini biasanya diterapkan di dalam konsep modifikasi yang bergaya drag look dan street racing. Dengan memotong beberapa bagian body yang terdapat pada sepeda motor , maka tampilan kendaraan secara keseluruhan pun akan menjadi semakin keren. Pada dasarnya, proses coak ini tidak terlalu sulit dikerjakan. Malahan Anda bisa menggunakan peralatan tukang yang sederhana. Hanya saja dibutuhkan keahlian dan ketelitian saat mengoperasikan alat-alat tersebut agar hasil potongannya tampak rapi. Biar Anda tidak bingung, silakan coba panduan coak body motor ala Pyurio di bawah ini! Alat dan Bahan yang harus disiapkan : Gergaji besi Gergaji tripleks Bor tangan Selotip Spidol Penggaris Jangka Ampelas halus Langkah-langkah memotong body motor : Buatlah sketsa yang menggambarkan pola pemotongan pada body motor terle...

Seperti Ini Cara Setel Pelek Jari-jari Sepeda Motor

Bagaimana caranya menyetel pelek jari-jari sepeda motor? Kepopuleran pelek jari-jari di kalangan penggemar kendaraan bermotor kini kembali meningkat. Pasalnya, pelek ini dinilai mempunyai tampilan tersendiri yang lain daripada pelek racing. Apalagi pelek ruji ini juga bisa digunakan dalam setiap modifikasi motor dengan tema apapun. Sebelum menyetel pelek jari-jari motor, Anda perlu memperhatikan faktor-faktor persiapannya terlebih dahulu sebagai berikut : Selalu pilih pelek sepeda motor dengan spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pelek yang kuat ditandai dari bentuknya yang standar, baik U shape maupun E shape. Jika Anda memiliki kocek yang berlebih, gunakanlah pelek yang telah diakui kualitasnya secara internasional. Gunakan tromol yang asli sesuai dengan standar dari pabrikan motor tersebut. Hal ini disebabkan tromol asli memiliki bentuk yang lebih presisi sehingga akan mempermudah Anda dalam menyetel jari-jari pelek. Di samping itu, tromol asli juga terbukti lebi...