Langsung ke konten utama

Solusi Klakson Mobil Kadang Bunyi Kadang Tidak

Pada mobil, klakson berperan penting dalam mendukung keamanan dan keselamatan pengendaranya. Adanya klakson memungkinkan pengendara mobil dapat memberikan peringatan kepada pengguna jalan lain di sekitarnya. Cuma seiring dengan pemakaiannya, klakson akan mengalami penurunan performa. Salah satu masalah yang kerap timbul adalah klakson tersebut kadang bunyi dan kadang tidak.

Memang benar, masalah klakson mobil yang kadang-kadang bisa berbunyi dan di lain waktu tidak mampu mengeluarkan bunyi sama sekali ini bisa diatasi dengan mudah di bengkel. Anda hanya perlu merogoh kocek dan menunggu beberapa selama saat, maka klakson tersebut akan bekerja seperi sedia kala. Namun tidak ada salahnya Anda mempelajari sendiri cara memperbaiki klakson yang bermasalah. Pasti ilmu ini akan Anda gunakan suatu saat nanti.

solusi-klakson-mobil-bunyi.jpg

Ada beberapa penyebab yang patut diduga mengakibatkan klakson mobil tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Di antara komponen-komponen tersebut yaitu aki, kabel klakson, baut platina yang ada di belakang klakson, serta sakelar klakson yang terdapat pada setang. Berikut ini solusi untuk mengatasinya!

  1. Kondisi Aki Mobil Soak

Aki merupakan media penyimpan listrik pada setiap kendaraan bermotor. Oleh karena itu, timbulnya masalah pada aki mobil akan mengakibatkan pasokan listrik yang harus didistribusikan ke klakson menjadi tidak lancar. Apabila aki pada mobil Anda bermasalah, klakson tidak bisa bekerja dengan baik, suara klakson terdengar lemah, sinar lampu lebih redup, waktu starter menjadi lebih panjang, hingga mobil tidak bisa dinyalakan memakai starter elektrik.

  1. Ikatan Kabel Klakson Kendur

Anda juga perlu memeriksa kondisi kabel klakson yang berhubungan langsung dengan perangkat klakson pada mobil. Pada umumnya, setiap klakson mobil dilengkapi dengan dua buah kabel yakni kabel listrik dan kabel massa. Apabila posisi salah satu dari kedua kabel tersebut sudah kendur dan tidak kuat lagi menempel pada dudukannya, maka bisa dipastikan kinerja klakson tidak akan lancar. Klakson akan berbunyi manakala kabel menempel pada dudukannya serta mati bila sedang terlepas.

  1. Posisi Baut Platina Berubah

Tanpa Anda sadari, baut platina yang terletak di belakang klakson pun dapat menjadi biang kerok kenapa klakson kadang bunyi kadang tidak. Penyebab utamanya ialah posisi baut platina tersebut yang agak berubah, baik disebabkan oleh faktor usia pakai maupun benturan dari benda keras. Solusinya Anda bisa membuka mur pengunci menggunakan tang terlebih dahulu, kemudian putarlah baut ini memakai kunci yang sesuai agar posisinya berubah seperti semula. Proses pengencangan baut ini sebaiknya dilakukan sembari sembari mendengarkan bunyi yang dikeluarkan oleh klakson agar didapat posisi yang paling pas.

  1. Sakelar Klakson Kotor atau Berkarat

Sakelar klakson yang sudah kotor ataupun berkarat pun dapat mengganggu kinerja dari klakson mobil Anda. Mau tidak mau Anda harus membersihkan sakelar tersebut atau menggantinya dengan yang baru. Untuk membersihkan sakelar klakson, mulailah dengan melepas rumah sakelar. Berikutnya bersihkan seluruh permukaan sakelar tersebut menggunakan ampelas halus dan cairan antikarat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Cara Coak Body Motor yang Benar

Bagaimana cara coak body motor yang benar? Coak adalah suatu istilah dalam modifikasi sepeda motor yang menyatakan proses pemotongan body kendaraan. Teknik ini biasanya diterapkan di dalam konsep modifikasi yang bergaya drag look dan street racing. Dengan memotong beberapa bagian body yang terdapat pada sepeda motor , maka tampilan kendaraan secara keseluruhan pun akan menjadi semakin keren. Pada dasarnya, proses coak ini tidak terlalu sulit dikerjakan. Malahan Anda bisa menggunakan peralatan tukang yang sederhana. Hanya saja dibutuhkan keahlian dan ketelitian saat mengoperasikan alat-alat tersebut agar hasil potongannya tampak rapi. Biar Anda tidak bingung, silakan coba panduan coak body motor ala Pyurio di bawah ini! Alat dan Bahan yang harus disiapkan : Gergaji besi Gergaji tripleks Bor tangan Selotip Spidol Penggaris Jangka Ampelas halus Langkah-langkah memotong body motor : Buatlah sketsa yang menggambarkan pola pemotongan pada body motor terle

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s