Langsung ke konten utama

Cara Membuka Baut yang Slek pada Motor

Bingung ingin membuka baut yang slek pada motor tetapi kunjung tak bisa? Hampir semua komponen penyusun sepeda motor diikat menggunakan baut. Ukuran baut yang dipakai pun bermacam-macam. Penggunaan baut bukanlah tanpa sebab karena alat ini terbukti memiliki kekuatan yang tak perlu diragukan lagi untuk menahan posisi suatu benda.

Kadang-kadang kita perlu melepaskan baut yang sudah terpasang dengan baik pada bodi kendaraan bermotor. Misalnya saat ingin mengganti oli mesin, mencopot aki, mengganti roda, dan lain-lain. Namun tidak selamanya proses untuk membuka baut ini selalu berjalan mulus. Ada saja beberapa faktor yang dapat menyebabkan baut tersebut susah dibuka.

Pada kasus baut yang slek biasanya baut tersebut tidak bisa dilepaskan dari dudukannya karena bagian kepala baut sudah gundul. Kondisi ini mengakibatkan kunci T tidak bisa mencengkeram kepala baut dengan kuat sehingga posisinya pun tidak bisa dikendurkan. Ada baiknya Anda tidak perlu terlalu merasa terlalu cemas saat menghadapi masalah ini karena semuanya bisa diatasi dengan baik.

cara-membuka-baut-motor.jpg

Berikut ini trik yang bisa Anda coba!

Alat dan Bahan :

  • Pelumas
  • Sikat gigi
  • Kunci sok
  • Palu

Langkah-langkah :

  1. Pastikan kondisi mental Anda sudah merasa tenang terlebih dahulu. Jika Anda memaksakan diri membuka baut saat sedang stres, maka baut justru akan semakin rusak.
  2. Tuangkan pelumas ke dalam wadah. Anda bisa menggunakan pelumas berupa oli mesin, oli rem, minyak goreng, atau minyak kayu putih. Oleskan pelumas ini ke seluruh permukaan baut menggunakan sikat gigi. Usahakan cairan pelumas bisa masuk ke sela-sela baut. Biarkan selama 10-15 menit agar pelumas menyelimuti seluruh permukaan baut secara merata.
  3. Ambil palu. Ketuklah bagian permukaan dari sekeliling baut tersebut untuk membuat debu dan karat yang terselip di sela-selanya rontok. Lakukan beberapa kali hingga kondisi sekeliling baut sudah cukup bersih.
  4. Siapkan kunci sok. Pasanglah kepala kunci sok dengan diameter yang sesuai ukuran kepala baut. Posisikan kunci sok ini pada kepala baut, lalu putarlah secara kuat dengan gerakan yang berlawanan arah jarum jam. Sebagai trik tambahan, Anda harus memutar dengan hentakan yang kuat pada saat putaran awal. Setelah dirasakan posisi baut sudah agak berputar, barulah kemudian Anda bisa memutar kunci sok dengan gerakan yang mantap.

Mengingat tingkat kesulitannya cukup tinggi, jika Anda tidak berhasil melakukan langkah-langkah di atas, sebaiknya serahkanlah langsung kepada ahlinya. Setiap daerah selalu mempunyai puluhan bengkel. Anda bisa mencoba beberapa bengkel di kota Anda. Pengalaman kami pribadi pernah mencoba ke sejumlah bengkel namun tidak bisa menanganinya. Pas tanpa sengaja lewat di depan bengkel yang kelihatannya meragukan justru mereka mampu membuka baut penutup oli mesin yang slek dengan waktu kurang dari 1 menit. Sebaiknya hindarilah opsi melepas baut ke tukang las karena risikonya sangat besar.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Cara Coak Body Motor yang Benar

Bagaimana cara coak body motor yang benar? Coak adalah suatu istilah dalam modifikasi sepeda motor yang menyatakan proses pemotongan body kendaraan. Teknik ini biasanya diterapkan di dalam konsep modifikasi yang bergaya drag look dan street racing. Dengan memotong beberapa bagian body yang terdapat pada sepeda motor , maka tampilan kendaraan secara keseluruhan pun akan menjadi semakin keren. Pada dasarnya, proses coak ini tidak terlalu sulit dikerjakan. Malahan Anda bisa menggunakan peralatan tukang yang sederhana. Hanya saja dibutuhkan keahlian dan ketelitian saat mengoperasikan alat-alat tersebut agar hasil potongannya tampak rapi. Biar Anda tidak bingung, silakan coba panduan coak body motor ala Pyurio di bawah ini! Alat dan Bahan yang harus disiapkan : Gergaji besi Gergaji tripleks Bor tangan Selotip Spidol Penggaris Jangka Ampelas halus Langkah-langkah memotong body motor : Buatlah sketsa yang menggambarkan pola pemotongan pada body motor terle

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s