Langsung ke konten utama

5 Cara Membedakan Spare Part Asli dan Palsu

Bagaimana cara membedakan spare part asli dan palsu? Dalam waktu yang lama, pemakaian spare part untuk sepeda motor yang palsu dapat mengakibatkan kerusakan pada komponen-komponen lain serta mengancam keselamatan pengendara motor tersebut. Sebagai contoh, penggunaan kampas rem yang tidak asli bisa membuat rem kendaraan menjadi blong atau tidak berfungsi normal sehingga pengendara tidak dapat menghentikan laju motor dengan baik.

Rata-rata usia pakai spare part yang palsu juga sangat singkat. Dalam waktu 3-6 bulan sejak pemasangannya, spare part tersebut sudah menunjukkan adanya tanda-tanda kerusakan. Kualitas onderdil palsu juga biasanya tidak terlalu bagus. Hal ini pula yang menyebabkan performa mesin sepeda motor terganggu.

membedakan-spare-part-asli.jpg

Di bawah ini kiat-kiat untuk membedakan spare part sepeda motor yang asli atau palsu :

Kiat 1 : Bandingkan Harganya

Sudah menjadi hukum alam kalau suatu barang yang memiliki kualitas bagus pasti dibanderol dengan harga yang mahal. Begitu pula dengan harga spare part yang orisinal. Suku cadang asli selalu dijual dengan harga yang lebih mahal dibandingkan dengan produk palsu. Misalnya harga suatu spare part asli adalah Rp500 ribu. Maka bukan tidak mungkin harga produk tiruannya berkisar antara Rp200-300 ribu. Ada baiknya sebelum membeli suatu komponen motor, Anda mengecek harganya terlebih dahulu di www.konimotor.com.

Kiat 2 : Perhatikan Kemasannya

Produk suku cadang buatan asli pabrikan sepeda motor selalu dilampiri dengan stiker hologram khusus yang tidak terdapat pada produk abal-abal. Bahan kemasannya pun sangat bagus, rapi, halus, dan tebal. Pada bungkus komponen onderdil asli biasanya memuat keterangan yang dicetak dengan tulisan dan warna yang jelas. Sedangkan lekukan bahan pada suku cadang yang imitasi biasanya lebih kasar.

Kiat 3 : Cocokkan Part Number-nya

Part number merupakan nomor seri pembuatan suatu produk di pabrik. Pada suku cadang yang asli, part number yang terdapat di kemasan dan katalog pasti sama karena proses pembuatannya telah melalui serangkaian tahap yang diawasi kualitasnya secara terus-menerus. Apabila Anda mendapatkan spare part yang mempunyai part number yang berbeda antara yang tercetak di kemasan dan katalog, maka sebaiknya Anda segera komplain kepada penjual. Kemungkinan besar produk tersebut merupakan onderdil palsu.

Kiat 4 : Cermati Garansinya

Semua produk yang dibuat oleh pabrik resmi selalu dilengkapi dengan garansi sebagai jaminan atas mutu produk tersebut. Begitu pula dengan spare part. Spare part yang asli pasti memiliki garansi resmi dari pabrik. Berbeda dengan spare part palsu yang tidak dilampiri dengan garansi. Kalau pun penjual mengklaim produk tersebut tetap ada garansinya, paling-paling garansi didapatkan dari toko atau distributor.

Kiat 5 : Rasakan Bahannya

Bahan baku yang dipakai untuk membuat suku cadang asli dan palsu juga berbeda. Suku cadang yang asli terbuat dari bahan-bahan berkualitas terbaik sehingga harga jualnya pun lebih mahal. Sementara itu, bahan-bahan yang digunakan untuk membuat spare part palsu merupakan bahan alternatif dengan maksud untuk menekan harganya. Contohnya suatu komponen yang asli terbuat dari baja, sedangkan komponen palsu bisa terbuat dari besi atau plastik.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Cara Coak Body Motor yang Benar

Bagaimana cara coak body motor yang benar? Coak adalah suatu istilah dalam modifikasi sepeda motor yang menyatakan proses pemotongan body kendaraan. Teknik ini biasanya diterapkan di dalam konsep modifikasi yang bergaya drag look dan street racing. Dengan memotong beberapa bagian body yang terdapat pada sepeda motor , maka tampilan kendaraan secara keseluruhan pun akan menjadi semakin keren. Pada dasarnya, proses coak ini tidak terlalu sulit dikerjakan. Malahan Anda bisa menggunakan peralatan tukang yang sederhana. Hanya saja dibutuhkan keahlian dan ketelitian saat mengoperasikan alat-alat tersebut agar hasil potongannya tampak rapi. Biar Anda tidak bingung, silakan coba panduan coak body motor ala Pyurio di bawah ini! Alat dan Bahan yang harus disiapkan : Gergaji besi Gergaji tripleks Bor tangan Selotip Spidol Penggaris Jangka Ampelas halus Langkah-langkah memotong body motor : Buatlah sketsa yang menggambarkan pola pemotongan pada body motor terle

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s