Langsung ke konten utama

4 Trik agar Suara Mesin Motor Tak Berisik Lagi

Apa solusinya agar suara mesin motor tak berisik? Seiring dengan berjalannya waktu, sepeda motor milik Anda pun akan mengalami perubahan. Kendaraan yang semula terasa nyaman dinaiki mulai mengalami masalah di beberapa bagiannya. Salah satunya yaitu mesin. Jika mesin dalam kondisi yang baik, suaranya akan terdengar halus dan tidak berisik. Namun bila terjadi suatu masalah di dalamnya, maka suara mesin motor tersebut akan menjadi kasar.
Berisiknya suara mesin biasanya terjadi pada sepeda motor yang kurang mendapat perawatan dari pemiliknya. Tidak hanya terjadi pada motor yang lama, motor-motor baru yang tidak dirawat dengan baik pun dapat mengalami masalah serupa. Suara ini biasanya timbul karena ada komponen-komponen di dalam mesin yang aus. Penyebabnya tidak lain akibat oli mesin yang tidak bekerja sebagaimana mestinya.
mengatasi-suara-mesin-berisik.jpg
Anda tidak boleh membiarkan suara kasar pada mesin tersebut. Sebab hal ini dapat memicu kerusakan-kerusakan yang lebih parah pada komponen penyusun mesin motor. Adapun solusi yang bisa Anda ambil di antaranya :
  1. Bawa ke Bengkel Resmi Terdekat
Ini merupakan solusi pertama yang orang awam pun pasti sudah mengetahuinya. Tapi kami akan lebih mengerucutkannya lagi, di mana solusi ini harus segera Anda lakukan apabila mengalami mesin yang suaranya kasar seperti ada gesekan antarkomponen di bagian blok seher. Mengapa? Sebab tanda ini adalah masalah serius yang hanya bisa diperbaiki oleh ahlinya. Kemungkinan penyebabnya antara lain stang seher oblak, ring sudah aus, atau malah seher yang aus.
  1. Coba Gantilah Oli Mesin
Oli mesin juga bisa menjadi obat yang ampuh untuk mengatasi mesin motor yang bersuara kasar, khususnya bila memang oli di dalam kendaraan Anda sudah lama tidak diganti. Oli tersebut akan melumasi permukaan komponen-komponen yang menyusun mesin sehingga membuat pergerakannya menjadi lancar kembali. Cuma Anda harus memilih oli yang tepat sesuai dengan spesifikasi yang sesuai kebutuhan mesin. Tidak perlu harus merek yang direkomendasikan oleh pihak pabrikan motor ya.
  1. Tambahkan Oli ke Batang Penekan
Walaupun jarang terjadi, tetapi tidak menutup kemungkinan suara mesin tiba-tiba berubah menjadi berisik setelah Anda mengganti olinya. Penyebabnya bukan karena oli yang Anda gunakan tidak sesuai, tetapi berkurangnya oli pada batang penekan rantai keteng saat pegas penekan bersinggungan dengannya ketika mesin dinyalakan. Untuk mengatasinya, Anda cukup menambahkan oli sekitar 1-2 cc ke alam batang penekan tadi dengan membuka bagian cincin washer terlebih dahulu.
  1. Ganti Komponen yang Rusak
Salah satu penyebab berisiknya suara mesin motor yaitu adanya kerusakan komponen penyusunnya. Anda harus mengecek komponen-komponen tadi secara menyeluruh. Periksa semua komponen yang dicurigai serta komponen lain yang berhubungan dengannya. Umumnya komponen motor yang rusak sudah tidak dapat diperbaiki lagi. Jadi solusi satu-satunya ialah Anda harus menggantinya dengan komponen baru. Pastikan Anda membeli komponen sepeda motor yang orisinal.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s

Tata Cara Mengganti Lampu Utama Sepeda Motor

Bagaimana cara mengganti lampu utama sepeda motor? Pada kendaraan roda dua, lampu utama berfungsi sebagai penerang jalan dan pemberitahu pengendara lain akan keberadaan kita. Oleh sebab itu, lampu utama ini harus selalu menyala, baik saat malam maupun siang hari. Lampu Sepeda Motor Pada dasarnya, mengganti lampu sepeda motor dapat dilakukan dengan mudah. Kuncinya adalah kesabaran untuk membuka casing secara hati-hati agar tidak menimbulkan goresan dan lecet. Di bawah ini tata cara panduannya oleh Pyurio untuk anda! Alat dan Bahan : Lampu utama Obeng Kuas Langkah-langkah : Posisikan sepeda motor dengan bersandar pada standar tengah sehingga lebih mudah diotak-atik. Gunakan obeng untuk melepas seluruh sekrup yang menahan casing batok pembungkus lampu utama. Bersihkanlah bagian dalam casing memakai kuas untuk menghilangkan debu yang menumpuk. Buka karet penutup fitting dan lepaskan fitting dengan menekan lalu memutarnya berlawanan arah jarum jam. Rogoh bohlam l