Langsung ke konten utama

Cara Mencegah agar Kopling Motor Tidak Keras

Bagaimana cara mencegah agar kopling motor tidak keras? Kaum Adam khususnya sangat mengagumi sepeda motor yang berjenis sport. Walaupun Anda harus mau repot sedikit saat mengendarai motor ini sebab sistem koplingnya mesti dikendalikan secara manual, tetapi Anda tetap bersikukuh memilihnya. Yap, sepeda motor kopling memang mempunyai pesona yang jauh lebih menawan dibandingkan motor matic atau motor bebek. Penampilan Anda akan terlihat menarik saat mengendarainya.
Anda wajib merawat sepeda motor kopling sebaik-baiknya agar seluruh komponen yang menyusun kendaraan roda dua ini tetap dapat berfungsi dengan normal. Bagian paling penting yang harus mendapatkan perhatian berlebih tentu saja ialah koplingnya. Anda perlu memberi perawatan yang terbaik pada kopling supaya tetap lancar digunakan serta tidak bermasalah di tengah jalan. Jika tidak, kopling tersebut akan mengalami masalah seperti tuasnya yang terasa keras ketika Anda berusaha menekannya.
cara-mencegah-kopling-motor.jpg
Beberapa faktor yang diduga kuat dapat menyebabkan tarikan kopling motor terasa keras di antaranya kabel kopling yang sudah berumur terlalu tua sehingga memang sudah waktunya bagi kabel tersebut untuk diganti. Jangan memaksakan diri memakai kabel yang tua demi keamanan dan kenyamanan Anda. Penyebab lainnya yaitu adanya air yang memasuki bagian selongsong kabel kopling motor tersebut sehingga mengakibatkan kinerjanya menjadi seret, tidak lancar, dan lama-kelamaan timbul karat di bagian dalamnya.
Kopling motor yang terasa keras tidak boleh dibiarkan. Biar masalah ini tidak menimpa sepeda motor Anda, cegah dengan salah satu solusi di bawah ini!
  1. Cobalah untuk melumasi kopling motor yang bermasalah tadi, mulai dari bagian tuas hingga kabel-kabelnya. Gunakan oli mesin baru yang diteteskan sedikit demi sedikit sampai kondisi kopling motor menjadi normal kembali. Lakukan perawatan sepeda motor sederhana ini secara berkala agar kinerja kopling motor terjaga dengan baik.
  2. Kini sudah ada alat bantu untuk kopling motor bernama tul. Alat ini mampu mencegah masalah kopling motor yang keras dengan menghindari terjadinya kopling tersebut terkilir. Tul akan memperpanjang kopling motor sehingga bebannya lebih ringan. Kami akan mengajarkan cara memasang tul di artikel berikutnya.
  3. Semprotkan cairan WD 40 untuk membersihkan kopling motor. Cairan ini perlu disemprotkan hingga ke bagian ujung kabel kopling. Semprotkan cairan WD 40 paling tidak 2 kali untuk menguras semua kotorannya. Kalau bisa diamkan sebelumnya selama 1-2 jam sehingga cairan ini bisa bekerja secara maksimal.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An...

Langkah-langkah Cara Coak Body Motor yang Benar

Bagaimana cara coak body motor yang benar? Coak adalah suatu istilah dalam modifikasi sepeda motor yang menyatakan proses pemotongan body kendaraan. Teknik ini biasanya diterapkan di dalam konsep modifikasi yang bergaya drag look dan street racing. Dengan memotong beberapa bagian body yang terdapat pada sepeda motor , maka tampilan kendaraan secara keseluruhan pun akan menjadi semakin keren. Pada dasarnya, proses coak ini tidak terlalu sulit dikerjakan. Malahan Anda bisa menggunakan peralatan tukang yang sederhana. Hanya saja dibutuhkan keahlian dan ketelitian saat mengoperasikan alat-alat tersebut agar hasil potongannya tampak rapi. Biar Anda tidak bingung, silakan coba panduan coak body motor ala Pyurio di bawah ini! Alat dan Bahan yang harus disiapkan : Gergaji besi Gergaji tripleks Bor tangan Selotip Spidol Penggaris Jangka Ampelas halus Langkah-langkah memotong body motor : Buatlah sketsa yang menggambarkan pola pemotongan pada body motor terle...

Seperti Ini Cara Setel Pelek Jari-jari Sepeda Motor

Bagaimana caranya menyetel pelek jari-jari sepeda motor? Kepopuleran pelek jari-jari di kalangan penggemar kendaraan bermotor kini kembali meningkat. Pasalnya, pelek ini dinilai mempunyai tampilan tersendiri yang lain daripada pelek racing. Apalagi pelek ruji ini juga bisa digunakan dalam setiap modifikasi motor dengan tema apapun. Sebelum menyetel pelek jari-jari motor, Anda perlu memperhatikan faktor-faktor persiapannya terlebih dahulu sebagai berikut : Selalu pilih pelek sepeda motor dengan spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pelek yang kuat ditandai dari bentuknya yang standar, baik U shape maupun E shape. Jika Anda memiliki kocek yang berlebih, gunakanlah pelek yang telah diakui kualitasnya secara internasional. Gunakan tromol yang asli sesuai dengan standar dari pabrikan motor tersebut. Hal ini disebabkan tromol asli memiliki bentuk yang lebih presisi sehingga akan mempermudah Anda dalam menyetel jari-jari pelek. Di samping itu, tromol asli juga terbukti lebi...