Langsung ke konten utama

Mengendarai Motor Kopling di Tanjakan dan Turunan

Bagaimana cara mengendarai motor kopling di tanjakan dan turunan? Sepeda motor kopling selalu memiliki daya tarik tersendiri. Yang paling utama tentu soal penampilan Anda yang bakal terlihat jauh lebih menarik ketika mengendarai sepeda motor kopling. Anda akan terlihat lebih keren, modis, dan menawan berkat bodi kendaraan yang besar dan kokoh. Selain itu, sepeda motor kopling juga mempunyai performa yang sangat gahar sehingga dapat diandalkan untuk menempuh perjalanan yang jauh dengan kondisi medan yang rumit.
Oleh sebab itu, orang-orang rela belajar mengendarai sepeda motor kopling sampai bisa meski prosesnya terbilang cukup susah. Untuk bisa mengemudikan motor ini, Anda membutuhkan keterampilan yang lebih tinggi daripada saat mengendarai motor bebek atau motor matic. Hal ini dikarenakan Anda harus mengoperasikan bagian koplingnya secara manual. Anda harus menekan tuas kopling terlebih dahulu setiap kali akan memindahkan gigi persneling. Dibutuhkan teknik yang tepat agar proses tersebut bisa berjalan mulus.
motor-kopling-tanjakan-turunan.jpg
Kali ini kita akan mempelajari teknik berkendara sepeda motor kopling yang benar pada saat di jalanan yang menanjak dan menurun.
Mengendarai Motor Kopling di Tanjakan
Kondisi jalan raya tentu tidak selamanya datar. Anda akan menemukan tanjakan yaitu jalan yang kondisinya naik. Dibutuhkan teknik tersendiri dalam mengendalikan sepeda motor kopling saat melewati jalan yang menanjak ini. Silakan ikuti kiat-kiat dari kami sebagai berikut :
  1. Pada saat Anda melihat ada tanjakan di depan, usahakan pelankan laju kecepatan sepeda motor. Anda bisa mengurangi putaran gas dan menekan tuas rem beberapa kali hingga didapatkan kecepatan yang mampu Anda kuasai dengan baik.
  2. Setelah Anda merasakan laju kendaraan pada kecepatan yang diharapkan sudah stabil, silakan tekan tuas kopling yang diikuti dengan proses mengurangi gigi persneling. Turunkan gigi motor secara bertahap satu per satu.
  3. Ada baiknya posisikan persneling motor Anda pada gigi kedua agar mampu menanjak dengan lancar. Kalau kondisi tanjakan tadi cukup curam, Anda bisa mereposisikannya pada gigi pertama.
  4. Setelah tanjakan berhasil Anda lewati, silakan naikkan posisinya kembali ke gigi ketiga. Lalu berturut-turut Anda bisa memindahkan gigi persneling ke gigi keempat dan kelima. Proses memindahkan gigi ini harus dilakukan secara bertahap.
Mengendarai Motor Kopling di Turunan
Sepeda motor kopling sebenarnya jauh lebih aman saat digunakan untuk melewati turunan daripada sepeda motor matic. Hal ini dikarenakan Anda dapat menguasai laju kendaraan tersebut secara penuh. Di jalan yang menurun, Anda bisa menempatkan gigi persneling sesuai kondisi turunan tersebut apakah cukup curam atau tidak. Apabila kondisi jalan cukup suram dan sempit, Anda sebaiknya memosisikan gigi pada nomor satu atau dua untuk membantu menahan laju kendaraan agar tidak tergelincir.
Sementara itu, Anda yang akan melewati turunan dengan kondisi yang tidak curam bisa tetap terus meneruskan laju kendaraan Anda tanpa perlu mengatur lagi posisi giginya. Di sini Anda hanya perlu mengontrol kecepatan motor supaya tetap terkendali dengan menekan tuas rem beberapa kali. Ingat, tuas rem tidak boleh ditahan tetapi hanya boleh ditekan kemudian langsung dilepaskan. Rem sebatas berfungsi untuk memperlambat laju sepeda motor, bukan menghentikannya. Menahan rem ketika di jalan menurun akan membuat Anda terpelanting ke arah depan dan terjatuh dari sepeda motor.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s

Tata Cara Mengganti Lampu Utama Sepeda Motor

Bagaimana cara mengganti lampu utama sepeda motor? Pada kendaraan roda dua, lampu utama berfungsi sebagai penerang jalan dan pemberitahu pengendara lain akan keberadaan kita. Oleh sebab itu, lampu utama ini harus selalu menyala, baik saat malam maupun siang hari. Lampu Sepeda Motor Pada dasarnya, mengganti lampu sepeda motor dapat dilakukan dengan mudah. Kuncinya adalah kesabaran untuk membuka casing secara hati-hati agar tidak menimbulkan goresan dan lecet. Di bawah ini tata cara panduannya oleh Pyurio untuk anda! Alat dan Bahan : Lampu utama Obeng Kuas Langkah-langkah : Posisikan sepeda motor dengan bersandar pada standar tengah sehingga lebih mudah diotak-atik. Gunakan obeng untuk melepas seluruh sekrup yang menahan casing batok pembungkus lampu utama. Bersihkanlah bagian dalam casing memakai kuas untuk menghilangkan debu yang menumpuk. Buka karet penutup fitting dan lepaskan fitting dengan menekan lalu memutarnya berlawanan arah jarum jam. Rogoh bohlam l