Langsung ke konten utama

Penyebab Knalpot Motor Mengeluarkan Bau Bensin

Sepeda motor selalu dilengkapi dengan knalpot yang berfungsi untuk mengeluarkan asap sisa proses pembakaran dan meredam suhu panas yang berlebih. Standarnya knalpot ini dipasang di sebelah kanan kendaraan. Namun tahukah Anda, knalpot bisa kita gunakan sebagai alat untuk mendeteksi ada tidaknya kerusakan yang dialami oleh sepeda motor. Warna dan aroma asap knalpot yang tidak biasa dapat mengindikasikan adanya gangguan tertentu.
Dalam kondisi normal, asap yang dikeluarkan oleh knalpot tidak berwarna dan tidak memiliki bau yang menyengat cukup tajam. Asap tersebut cenderung terlihat jernih serta tak berwarna. Apabila asap tersebut berubah warna menjadi putih pasti ada kerusakan yang terjadi di salah satu komponen penyusunnya. Begitu pula jika asap yang dikeluarkan oleh knalpot tiba-tiba mempunyai bau yang sangat tajam. Anda harus waspada bila mengalaminya.
Kami ingatkan sekali lagi. Sepeda motor yang normal mempunyai asap yang baunya tak terlalu menyengat. Baunya adalah bensin yang terbakar, bukan bau bensin itu sendiri. Sebab pada dasarnya antara bensin dan bensin yang terbakar mempunyai bau yang berbeda. Jika knalpot motor Anda mengeluarkan bau bensin artinya ada sesuatu yang tak beres. Besar kemungkinan proses pembakaran di dalam ruang bakar tidak berlangsung secara sempurna.
penyebab-knalpot-bau-bensin.jpg
Ada beberapa penyebab yang dapat mengakibatkan knalpot motor berbau bensin, antara lain :
Penyebab 1. Proses Pembakaran Tak Sempurna
Faktor pertama yang biasanya menyebabkan knalpot sepeda motor mengeluarkan bau bensin yang cukup tajam adalah proses pembakaran di dalam ruang bakar tidak berlangsung secara sempurna. Akibatnya ada sebagian bensin yang tidak terbakar. Bensin tersebut lantas mengalir bersama asap keluar menuju ke bagian knalpot. Kerusakan pada salah satu komponen di dalam ruang bakar kerap menjadi biang keroknya. Anda perlu mengecek komponen-komponen ini satu per satu untuk mengetahui kerusakannya.
Penyebab 2. Pengaturan Karburator Tidak Tepat
Karburator juga berperan penting dalam mendukung proses pembakaran bensin sebagai bahan bakar utama kendaraan bermotor. Karburator harus diatur pada posisi yang tepat sesuai saran dari pabrikan agar penggunaan bensin menjadi efisien dan tidak boros. Tetapi tidak sedikit pengguna motor yang sengaja menyetel karburator pada pemakaian bensin yang banyak sehingga laju sepeda motor pun menjadi lebih cepat. Hal ini juga akan mengakibatkan bensin tidak terbakar sempurna.
Penyebab 3. Knalpot Terkena Tumpahan Bensin
Namanya juga manusia. Sesuatu yang paling ceroboh pun mungkin bisa kita lakukan secara tidak sengaja. Salah satunya ialah knalpot yang terkena tumpahan bensin, baik secara sengaja maupun tidak sengaja. Hal ini tentu akan mengakibatkan asap yang keluar dari knalpot pun berbau bensin karena bensin yang terjatuh di knalpot turut terbakar. Biasanya knalpot akan mengeluarkan bau bensin yang sangat tajam bila terkena tumpahan bensin. Silakan Anda bisa mengecek ada tidaknya bekas tumpahan di knalpot tersebut.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s

Tata Cara Mengganti Lampu Utama Sepeda Motor

Bagaimana cara mengganti lampu utama sepeda motor? Pada kendaraan roda dua, lampu utama berfungsi sebagai penerang jalan dan pemberitahu pengendara lain akan keberadaan kita. Oleh sebab itu, lampu utama ini harus selalu menyala, baik saat malam maupun siang hari. Lampu Sepeda Motor Pada dasarnya, mengganti lampu sepeda motor dapat dilakukan dengan mudah. Kuncinya adalah kesabaran untuk membuka casing secara hati-hati agar tidak menimbulkan goresan dan lecet. Di bawah ini tata cara panduannya oleh Pyurio untuk anda! Alat dan Bahan : Lampu utama Obeng Kuas Langkah-langkah : Posisikan sepeda motor dengan bersandar pada standar tengah sehingga lebih mudah diotak-atik. Gunakan obeng untuk melepas seluruh sekrup yang menahan casing batok pembungkus lampu utama. Bersihkanlah bagian dalam casing memakai kuas untuk menghilangkan debu yang menumpuk. Buka karet penutup fitting dan lepaskan fitting dengan menekan lalu memutarnya berlawanan arah jarum jam. Rogoh bohlam l