Bagaimana cara mengurangi gigi motor kopling yang benar? Secara garis besar ada tiga jenis sepeda motor yang biasa digunakan di Indonesia. Di antaranya sepeda motor kopling, sepeda motor bebek, dan sepeda motor matic. Kaum adam khususnya tentu sangat mengidolakan sepeda motor kopling. Pasalnya motor kopling selalu identik dengan sepeda motor tipe sport yang keren, gahar, dan performanya mantap. Penampilan Anda pun secara otomatis akan terlihat menarik manakala mengendarai sepeda motor kopling.
Tetapi mengendarai sepeda motor kopling itu lebih susah daripada sepeda motor bebek atau sepeda motor matic. Hal ini dikarenakan ada lebih banyak tuas dan tombol yang harus dikendalikan oleh pengendara motor kopling. Tata cara mengendarainya pun agak sedikit berbeda ketimbang motor bebek dan motor matic. Salah satunya soal kopling yang harus Anda kendalikan sendiri secara manual. Oleh sebab itu, Anda harus menguasai pengaturan kopling ini kalau ingin bisa mengendarai motor kopling.
Kali ini kita akan belajar proses menurunkan gigi pada motor kopling yang benar. Teknik ini memang harus dipelajari oleh Anda kalau ingin menguasai sepeda motor tipe sport. Sebab di jalan nantinya Anda harus menaikkan dan mengurangi gigi motor ini beberapa kali untuk menyesuaikan lajunya dengan kondisi jalan. Proses ini tidak boleh dilakukan secara asal-asalan. Bukan hanya yang merasa tidak nyaman, motor Anda pun berisiko rusak apabila Anda sering melakukan kesalahan saat mengurangi gigi motor.
Proses mengurangi gigi motor kopling sebenarnya tidak semudah apa yang Anda bayangkan. Anda harus tetap menyelaraskannya dengan putaran mesin supaya tidak terjadi overrev, di mana mesin seolah-olah menjerit ketika proses deselerasi terjadi. Itu sebabnya, praktek deselerasi antara mengurangi gigi dan mengerem sebaiknya dipelajari di kesempatan yang terpisah dahulu agar Anda bisa benar-benar memahami fungsinya. Teknik ini membutuhkan kepiawaian pengendara dan kondisi sepeda motor.
Proses menurunkan gigi ini mempunyai teknik khusus yang benar jika dilakukan. Anda tidak boleh langsung memindahkan lebih dari satu gigi dalam satu kali penarikan kopling. Cara yang benar ialah Anda sebaiknya menurunkan gigi tersebut satu per satu dengan menarik kopling beberapa kali sesuai jumlah gigi yang hendak diturunkan. Artinya setiap Anda mengurangi gigi satu kali maka Anda pun harus menarik kopling satu kali terlebih dahulu. Demikian seterusnya hingga mencapai posisi gigi yang diinginkan.
Tips lainnya adalah Anda harus mengusahakan jarak tuas kopling jangan terlalu dekat dengan jari pada saat ditarik. Hal ini berguna untuk mencegah terjadinya proses perpindahan gigi yang kasar akibat pergerakan yang tidak efisien. Trik ini dapat meminimalisir kesalahan saat proses sinkronisasi antara gigi transmisi dengan putaran mesin dan laju kecepatan motor. Kemudian Anda juga perlu menjaga posisi tangan pada tempat yang benar. Posisikan dua jari tangan kanan Anda sedemikian rupa agar dapat menjangkau tuas rem depan dengan mudah. Begitu pula ketika gas tertutup, pastikan jari telunjuk dan jari tengah tangan kanan Anda bisa menarik tuas rem depan dengan mudah.
Komentar
Posting Komentar