Langsung ke konten utama

Cara Mengurangi Gigi Motor Kopling yang Benar

Bagaimana cara mengurangi gigi motor kopling yang benar? Secara garis besar ada tiga jenis sepeda motor yang biasa digunakan di Indonesia. Di antaranya sepeda motor kopling, sepeda motor bebek, dan sepeda motor matic. Kaum adam khususnya tentu sangat mengidolakan sepeda motor kopling. Pasalnya motor kopling selalu identik dengan sepeda motor tipe sport yang keren, gahar, dan performanya mantap. Penampilan Anda pun secara otomatis akan terlihat menarik manakala mengendarai sepeda motor kopling.

Tetapi mengendarai sepeda motor kopling itu lebih susah daripada sepeda motor bebek atau sepeda motor matic. Hal ini dikarenakan ada lebih banyak tuas dan tombol yang harus dikendalikan oleh pengendara motor kopling. Tata cara mengendarainya pun agak sedikit berbeda ketimbang motor bebek dan motor matic. Salah satunya soal kopling yang harus Anda kendalikan sendiri secara manual. Oleh sebab itu, Anda harus menguasai pengaturan kopling ini kalau ingin bisa mengendarai motor kopling.

mengurangi-gigi-motor-kopling.jpg

Kali ini kita akan belajar proses menurunkan gigi pada motor kopling yang benar. Teknik ini memang harus dipelajari oleh Anda kalau ingin menguasai sepeda motor tipe sport. Sebab di jalan nantinya Anda harus menaikkan dan mengurangi gigi motor ini beberapa kali untuk menyesuaikan lajunya dengan kondisi jalan. Proses ini tidak boleh dilakukan secara asal-asalan. Bukan hanya yang merasa tidak nyaman, motor Anda pun berisiko rusak apabila Anda sering melakukan kesalahan saat mengurangi gigi motor.

Proses mengurangi gigi motor kopling sebenarnya tidak semudah apa yang Anda bayangkan. Anda harus tetap menyelaraskannya dengan putaran mesin supaya tidak terjadi overrev, di mana mesin seolah-olah menjerit ketika proses deselerasi terjadi. Itu sebabnya, praktek deselerasi antara mengurangi gigi dan mengerem sebaiknya dipelajari di kesempatan yang terpisah dahulu agar Anda bisa benar-benar memahami fungsinya. Teknik ini membutuhkan kepiawaian pengendara dan kondisi sepeda motor.

Proses menurunkan gigi ini mempunyai teknik khusus yang benar jika dilakukan. Anda tidak boleh langsung memindahkan lebih dari satu gigi dalam satu kali penarikan kopling. Cara yang benar ialah Anda sebaiknya menurunkan gigi tersebut satu per satu dengan menarik kopling beberapa kali sesuai jumlah gigi yang hendak diturunkan. Artinya setiap Anda mengurangi gigi satu kali maka Anda pun harus menarik kopling satu kali terlebih dahulu. Demikian seterusnya hingga mencapai posisi gigi yang diinginkan.

Tips lainnya adalah Anda harus mengusahakan jarak tuas kopling jangan terlalu dekat dengan jari pada saat ditarik. Hal ini berguna untuk mencegah terjadinya proses perpindahan gigi yang kasar akibat pergerakan yang tidak efisien. Trik ini dapat meminimalisir kesalahan saat proses sinkronisasi antara gigi transmisi dengan putaran mesin dan laju kecepatan motor. Kemudian Anda juga perlu menjaga posisi tangan pada tempat yang benar. Posisikan dua jari tangan kanan Anda sedemikian rupa agar dapat menjangkau tuas rem depan dengan mudah. Begitu pula ketika gas tertutup, pastikan jari telunjuk dan jari tengah tangan kanan Anda bisa menarik tuas rem depan dengan mudah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s

Tata Cara Mengganti Lampu Utama Sepeda Motor

Bagaimana cara mengganti lampu utama sepeda motor? Pada kendaraan roda dua, lampu utama berfungsi sebagai penerang jalan dan pemberitahu pengendara lain akan keberadaan kita. Oleh sebab itu, lampu utama ini harus selalu menyala, baik saat malam maupun siang hari. Lampu Sepeda Motor Pada dasarnya, mengganti lampu sepeda motor dapat dilakukan dengan mudah. Kuncinya adalah kesabaran untuk membuka casing secara hati-hati agar tidak menimbulkan goresan dan lecet. Di bawah ini tata cara panduannya oleh Pyurio untuk anda! Alat dan Bahan : Lampu utama Obeng Kuas Langkah-langkah : Posisikan sepeda motor dengan bersandar pada standar tengah sehingga lebih mudah diotak-atik. Gunakan obeng untuk melepas seluruh sekrup yang menahan casing batok pembungkus lampu utama. Bersihkanlah bagian dalam casing memakai kuas untuk menghilangkan debu yang menumpuk. Buka karet penutup fitting dan lepaskan fitting dengan menekan lalu memutarnya berlawanan arah jarum jam. Rogoh bohlam l