Langsung ke konten utama

Penyebab Suara Mesin Motor Kasar dan Berisik

Apakah penyebab suara mesin motor menjadi kasar dan berisik? Sepeda motor merupakan kendaraan yang sangat dapat kita andalkan untuk mendukung aktivitas sehari-hari. Motor mempunyai kelebihan pada pergerakannya yang gesit dan lincah. Walaupun kapasitasnya lebih sedikit daripada mobil, tetapi sepeda motor lebih hemat bahan bakar. Soal kenyamanannya pun tidak kalah dengan kendaraan-kendaraan bermotor lainnya.
Tetapi sepeda motor bukanlah kendaraan yang sempurna dan tanpa cacat. Seiring dengan berjalannya waktu, komponen-komponen motor pun dapat mengalami kerusakan. Tidak terkecuali pula dengan mesin yang menjadi tenaga penggerak utama kendaraan ini. Boleh dibilang kalau kerusakan pada motor merupakan masalah yang paling fatal. Salah satu tandanya yaitu mesin tersebut mengeluarkan suara yang kasar dan berisik.
mesin-motor-berisik-kasar.jpg
Adapun beberapa penyebab timbulnya suara kasar atau berisik pada mesin sepeda motor di antaranya :
Suara Kasar di Mesin Bagian Depan
Penyebabnya biasanya dikarenakan oleh faktor usia kendaraan atau pemakaian yang tidak wajar. Anda bisa memulai mengatasinya dengan mengecek volume oli mesin apakah tingkat kekentalannya masih bagus atau tidak. Kemudian cek kerenggangan dari celah kelp sebab jika terlalu longgar bisa mengakibatkan mesin cepat panas dan suaranya kasar. Lalu keteng alias rantai mesin pun harus diperiksa untuk memastikan ikatannya cukup kencang dan tidak terlalu longgar. Penyebab lainnya bisa ditimbulkan oleh klep atau bosh klep yang aus.
Suara Kasar di Mesin Bagian Kanan
Cobalah Anda dengarkan dengan baik suara tersebut untuk mengecek apakah ada suara yang aneh seperti benda yang terlepas atau longgar. Jika iya, penyebabnya adalah ausnya karet rumah kopling, rumah kopling sentrifugal, atau leher girbox. Sedangkan apabila kasus ini terjadi pada motor berkopling ganda yang seperti tidak ada tenaganya, penyebabnya yaitu sepatu kopling ganda atau mangkuk kopling yang sudah aus.
Suara Kasar Ketika Mesin Dingin
Kasus lainnya yaitu suara kasar hanya terjadi pada saat kondisi mesin motor masih dingin. Kemudian setelah mesin tersebut sudah memanas, suaranya berangsur-angsur menjadi lebih halus. Penyebab masalah ini umumnya dari tensioner keteng yang sudah aus. Tetapi Anda harus memastikan lagi bagian yang aus tersebut apakah benar tensioner keteng atau LAT. Kemungkinan lainnya yaitu karet tensioner sudah habis. Anda bisa mencoba mengganti ketengnya dengan yang baru. Usahakan saat mengganti keteng ini, Anda juga mengganti rol tensioner beserta LAT-nya.
Suara Kasar di Bagian Blok Seher
Ini merupakan tanda kerusakan mesin sepeda motor yang paling fatal. Kalau Anda mendengar suara kasar seperti ada gesekan dari bagian blok seher disarankan untuk segera membawa motor tersebut ke bengkel terdekat guna dilakukan pengecekan lebih lanjut. Pasalnya suara ini biasanya timbul akibat seher atau ring yang sudah aus atau malah stang sehernya yang ternyata telah oblak. Ketidaknormalan inilah yang menyebabkan timbulnya suara berisik pada mesin.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Cara Coak Body Motor yang Benar

Bagaimana cara coak body motor yang benar? Coak adalah suatu istilah dalam modifikasi sepeda motor yang menyatakan proses pemotongan body kendaraan. Teknik ini biasanya diterapkan di dalam konsep modifikasi yang bergaya drag look dan street racing. Dengan memotong beberapa bagian body yang terdapat pada sepeda motor , maka tampilan kendaraan secara keseluruhan pun akan menjadi semakin keren. Pada dasarnya, proses coak ini tidak terlalu sulit dikerjakan. Malahan Anda bisa menggunakan peralatan tukang yang sederhana. Hanya saja dibutuhkan keahlian dan ketelitian saat mengoperasikan alat-alat tersebut agar hasil potongannya tampak rapi. Biar Anda tidak bingung, silakan coba panduan coak body motor ala Pyurio di bawah ini! Alat dan Bahan yang harus disiapkan : Gergaji besi Gergaji tripleks Bor tangan Selotip Spidol Penggaris Jangka Ampelas halus Langkah-langkah memotong body motor : Buatlah sketsa yang menggambarkan pola pemotongan pada body motor terle

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s