Langsung ke konten utama

Penyebab Motor Kopling Mati Mendadak saat Pindah Gigi

Apakah penyebab motor kopling mati secara mendadak? Teknik berkendara sepeda motor kopling memang unik karena berbeda dari sepeda motor bebek atau matic. Khususnya pada saat proses memindahkan gigi dari posisi satu ke posisi berikutnya. Kita harus menarik tuas kopling terlebih dahulu sebelum memindahkan gigi motor tersebut. Dibutuhkan teknik khusus untuk membuat proses pemindahan gigi tersebut berjalan dengan halus dan mulus.

Namun kadang-kadang ketika kita akan memindahkan gigi motor justru mengakibatkan mesin tiba-tiba mati. Padahal Anda yakin sudah melakukannya dengan benar sesuai panduan yang pernah kami berikan sebelumnya. Mengapa masalah mesin motor yang mati secara tiba-tiba pada saat proses pindah gigi ini bisa terjadi? Apa sih penyebab sebenarnya? Anda harus mengetahuinya dengan benar supaya dapat menghindarinya.

penyebab-motor-kopling-mati.jpg

Beberapa faktor yang diduga kuat bisa menyebabkan motor kopling mati mendadak saat proses pindah gigi, di antaranya :

Kopling Menempel dengan Mangkuknya

Pada saat mesin dihidupkan, poros transmisi akan ikut berputar. Kemudian kita mencoba memindahkan gigi sehingga menimbulkan efek nendang. Seharusnya efek nendang ini tidak mengakibatkan mesin mati apabila hubungan antara kampas dan kopling langsung terlepas. Kondisi kampas pun seharusnya belum mengembang ketika dalam posisi sentrifugal. Tetapi jika kopling kekurangan pelumasan dapat berakibat menempel dengan mangkuknya. Pada motor kopling, masalah ini sering diawali dengan gejala tuas kopling yang terasa keras ketika ditarik.

Kondisi Per Kopling Sudah Rusak

Di dalam sistem kopling terdapat per atau pegas yang berguna untuk menjaga kampas kopling agar tidak mengembang saat posisi idle RPM. Fungsi lainnya adalah mengembalikan kondisi kampas seperti semula pada saat mesin mati. Setiap kopling umumnya dilengkapi dengan tiga buah per sekaligus. Apabila salah satu per ini mengalami kerusakan atau terlepas, akibatnya gaya sentrifugal kampas bakal menekan mangkuk sehingga menimbulkan efek nendang. Hal ini mengakibatkan mesin motor mati secara tiba-tiba.

Pengaturan RPM Mesin Terlalu Tinggi

Sistem kopling yang terdapat pada sepeda motor pada dasarnya bekerja dengan menggunakan gaya sentrifugal. Gaya ini memiliki arah keluar dari poros putaran. Putaran yang kuat akan menghasilkan gaya sentrifugal yang besar pula. Kampas menjadi objek utama yang diputar untuk menimbulkan gaya sentrifugal. Ketika gaya tersebut sudah muncul, maka secara otomatis kampas tersebut pun akan mengembang. Proses ini seharusnya berlangsung dengan tahapan-tahapan tertentu. Bila prosesnya terjadi secara mendadak karena setelan RPM mesin terlalu tinggi, maka mesin pun bisa mati akibat kaget dan belum siap.

Tuas Kopling Disetel Terlalu Pendek

Sepeda motor sport yang menggunakan kopling manual selalu dilengkapi tuas kopling. Tuas kopling ini sendiri berfungsi untuk membuat bebas kampas kopling dari cengkeraman driven plate. Pada bagian ujung kabel kopling, terdapat screw adjuster yang berfungi untuk mengatur jarak bebas kopling. Bila kita menyetel screw adjuster ini terlalu pendek, maka sepeda motor sudah bisa melaju walaupun kita baru melepas sedikit tuas kopling. Dampak buruknya ialah mesin Anda bisa mati mendadak apabila kampas kopling tersebut belum sepenuhnya terbebas karena pelumasan yang kurang baik.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s

Tata Cara Mengganti Lampu Utama Sepeda Motor

Bagaimana cara mengganti lampu utama sepeda motor? Pada kendaraan roda dua, lampu utama berfungsi sebagai penerang jalan dan pemberitahu pengendara lain akan keberadaan kita. Oleh sebab itu, lampu utama ini harus selalu menyala, baik saat malam maupun siang hari. Lampu Sepeda Motor Pada dasarnya, mengganti lampu sepeda motor dapat dilakukan dengan mudah. Kuncinya adalah kesabaran untuk membuka casing secara hati-hati agar tidak menimbulkan goresan dan lecet. Di bawah ini tata cara panduannya oleh Pyurio untuk anda! Alat dan Bahan : Lampu utama Obeng Kuas Langkah-langkah : Posisikan sepeda motor dengan bersandar pada standar tengah sehingga lebih mudah diotak-atik. Gunakan obeng untuk melepas seluruh sekrup yang menahan casing batok pembungkus lampu utama. Bersihkanlah bagian dalam casing memakai kuas untuk menghilangkan debu yang menumpuk. Buka karet penutup fitting dan lepaskan fitting dengan menekan lalu memutarnya berlawanan arah jarum jam. Rogoh bohlam l