Langsung ke konten utama

6 Kelebihan dan Kekurangan Membeli Sepeda Motor Bekas

Apakah kelebihan dan kekurangan membeli sepeda motor bekas? Saat ini, sepeda motor layaknya kebutuhan primer di mana setiap orang seakan harus memilikinya. Sepeda motor dinilai merupakan kendaraan yang serbaguna dan mudah dioperasikan, baik untuk menuju ke kantor, sekolah, pasar, dan kegiatan-kegiatan lainnya. Kemudahan dalam proses membeli motor juga turut andil dalam meningkatkan pemakaian kendaraan roda dua di Indonesia.
Di samping sepeda motor baru, motor bekas pun tidak kekurangan daya pikatnya. Ada banyak sekali konsumen kendaraan yang tertarik membeli motor bekas dengan alasan harga yang lebih murah. Malahan jika teliti dan jeli, bukan tidak mungkin anda bisa mendapatkan sepeda motor bekas dengan kondisi seperti mirip kendaraan baru.

Apa saja sih kelebihan-kelebihan dari membeli sepeda motor bekas?
1. Harganya Lebih Murah
Faktor harga menjadi pertimbangan utama kenapa seseorang memilih untuk membeli sepeda motor bekas. Terang saja karena harga motor bekas bisa berselisih lebih rendah setengahnya ketimbang harga motor baru. Sebagai contoh, Yamaha Mio J yang berharga Rp13 jutaan bisa anda dapatkan dengan kisaran harga Rp9-10 jutaan bila kondisinya bekas.
2. Pengurusan Lebih Mudah dan Ringan
Proses jual beli sepeda motor bekas juga terbilang sederhana. Anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar harga motor tersebut tanpa memikirkan lagi pengurusan surat-surat kelengkapannya. Bandingkan dengan pembelian kendaraan bermotor baru di mana anda harus memperhatikan juga berkas-berkas keabsahan kendaraan tersebut.
3. Kondisinya Tidak Kalah Bagus
Jika beruntung dalam membeli sepeda motor bekas, bahkan anda bisa mendapatkan motor dengan kondisi yang masih bagus seperti motor baru. Sudah tentu harga belinya pun lebih rendah dibandingkan dengan motor gress. Hal ini memungkinkan anda mendapatkan keuntungan berlebih karena bisa memperoleh motor berharga lebih rendah dengan kualitas yang nyaris serupa.
Sementara itu, kekurangan-kekurangan saat membeli sepeda motor bekas yaitu :
1. Diperlukan Ketelitian dan Kejelian
Membeli sepeda motor harus teliti dan jeli. Jika tidak berhati-hati, anda akan terjebak membeli barang rongsokan. Belilah sepeda motor di penjual yang memiliki reputasi baik supaya tidak tertipu.
2. Tidak Ada Garansi
Sepeda motor bekas yang dijual di pasaran juga kebanyakan tidak disertai garansi. Hal ini tentu akan membuat motor yang sudah dibeli tersebut sepenuhnya langsung menjadi tanggung jawab pembeli. Bayangkan jika beberapa hari kemudian setelah pembelian kendaraan, motor mengalami masalah, artinya anda harus mengeluarkan kocek lebih dalam lagi untuk mengganti sparepart-nya.
3. Kepastian Hukumnya Harus Ditelisik
Di samping memperhatikan kondisi sepeda motor, saat membeli motor bekas anda pun harus mengecek surat-surat kelengkapan kendaraan tersebut. Pastikan semua surat legalitas yang menyertai motor adalah asli, bukan barang tiruan. Oleh sebab itu, anda wajib membekali diri dengan informasi-informasi keaslian sepeda motor secara lengkap.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s

Tata Cara Mengganti Lampu Utama Sepeda Motor

Bagaimana cara mengganti lampu utama sepeda motor? Pada kendaraan roda dua, lampu utama berfungsi sebagai penerang jalan dan pemberitahu pengendara lain akan keberadaan kita. Oleh sebab itu, lampu utama ini harus selalu menyala, baik saat malam maupun siang hari. Lampu Sepeda Motor Pada dasarnya, mengganti lampu sepeda motor dapat dilakukan dengan mudah. Kuncinya adalah kesabaran untuk membuka casing secara hati-hati agar tidak menimbulkan goresan dan lecet. Di bawah ini tata cara panduannya oleh Pyurio untuk anda! Alat dan Bahan : Lampu utama Obeng Kuas Langkah-langkah : Posisikan sepeda motor dengan bersandar pada standar tengah sehingga lebih mudah diotak-atik. Gunakan obeng untuk melepas seluruh sekrup yang menahan casing batok pembungkus lampu utama. Bersihkanlah bagian dalam casing memakai kuas untuk menghilangkan debu yang menumpuk. Buka karet penutup fitting dan lepaskan fitting dengan menekan lalu memutarnya berlawanan arah jarum jam. Rogoh bohlam l