Langsung ke konten utama

Cara Mengatasi Aki Tekor pada Mobil

Bagaimana cara mengatasi aki tekor pada mobil? Aki tekor merupakan sebutan untuk permasalahan pada aki yang sudah tidak bisa menyimpan arus listrik. Selain disebabkan oleh kualitas aki yang buruk, penyebab aki yang tekor juga bisa dikarenakan penggunaan air elektrolit yang murahan, pengecasan yang terlampau berlebihan, aki yang sering bekerja ekstra, dan aki tersebut kerap mendapatkan guncangan yang hebat.

Aki yang tekor tentu akan sangat merepotkan Anda sebagai pemilik mobil. Bagian mesin tetap tidak mau dinyalakan meskipun Anda sudah mencoba melakukan starter berkali-kali. Sebagai alternatif, Anda bisa melakukan jumper aki untuk pertolongan pertama. Namun tentu saja, aki yang sudah mengalami tekor ini harus diperbaiki sesegera mungkin agar dapat bekerja sebagaimana mestinya kembali.

mengatasi-aki-mobil-tekor.jpg

Jadi, bagaimana sih caranya mengatasi aki mobil yang tekor? Di bawah ini panduan langkah-langkahnya dari Pyurio untuk Anda!

  1. Pastikan mobil Anda dalam keadaan mati.
  2. Lepaskan kedua kabel aki, dimulai dari kabel negatif terlebih dahulu kemudian kabel positif.
  3. Lepaskan juga penjepit/penahan aki dari dudukannya, lalu angkat aki tersebut keluar.
  4. Buka penutup-penutup elemen aki, selanjutnya buang air aki di dalamnya. Lakukan pekerjaan ini dengan hati-hati jangan sampai air aki tersebut mengenai badan Anda.
  5. Bersihkan aki tersebut menggunakan air panas, lalu sikat secara merata. Boleh juga menambahkan air aki yang masih baru supaya hasilnya lebih optimal.
  6. Aki yang sudah bersih ini lantas diangin-anginkan selama seharian penuh supaya mengering sempurna.
  7. Proses berikutnya adalah mengisikan air aki ke dalam aki tersebut hingga batas upper level.
  8. Saatnya melakukan pengecasan ulang pada aki tersebut agar daya listriknya terisi kembali.
  9. Aki juga bisa langsung dipasang langsung tanpa perlu charging ulang sebab umumnya ketika mobil Anda menyala maka secara otomatis akan melakukan catu daya pada aki.
  10. Aki yang sudah terisi dengan tenaga listrik ini lantas dipasang kembali seperti kedudukannya semula. Pemasangan kabel aki dimulai dari kutub positif lalu dilanjutkan dengan kutub negatif.

Ada banyak penyebab yang dapat mengakibatkan aki basah mengalami soak. Di antaranya yaitu posisi kleman aki longgar, kondisi kleman dan kutub aki kotor, sikring terputus, van belt longgar/aus/terputus, dan dinamo pengisian/alternator yang mengalami kerusakan. Beberapa penyebab lainnya ialah kiprok atau spul yang rusak serta sistem pengkabelan pengisian aki telah terputus. Sebaiknya perbaikan masalah ini harus dilakukan sampai tuntas yakni Anda juga wajib mengatasi penyebab utama aki tekor tersebut.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Cara Coak Body Motor yang Benar

Bagaimana cara coak body motor yang benar? Coak adalah suatu istilah dalam modifikasi sepeda motor yang menyatakan proses pemotongan body kendaraan. Teknik ini biasanya diterapkan di dalam konsep modifikasi yang bergaya drag look dan street racing. Dengan memotong beberapa bagian body yang terdapat pada sepeda motor , maka tampilan kendaraan secara keseluruhan pun akan menjadi semakin keren. Pada dasarnya, proses coak ini tidak terlalu sulit dikerjakan. Malahan Anda bisa menggunakan peralatan tukang yang sederhana. Hanya saja dibutuhkan keahlian dan ketelitian saat mengoperasikan alat-alat tersebut agar hasil potongannya tampak rapi. Biar Anda tidak bingung, silakan coba panduan coak body motor ala Pyurio di bawah ini! Alat dan Bahan yang harus disiapkan : Gergaji besi Gergaji tripleks Bor tangan Selotip Spidol Penggaris Jangka Ampelas halus Langkah-langkah memotong body motor : Buatlah sketsa yang menggambarkan pola pemotongan pada body motor terle

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s