Langsung ke konten utama

Cara Mengatasi Motor Susah Hidup saat Dingin

Bagaimana cara mengatasi motor susah hidup saat dingin? Kadang-kadang mesin sepeda motor sulit sekali dinyalakan meskipun sudah ditekan starter elektriknya berkali-kali. Bahkan walaupun Anda mencoba menginjak starter manual/engkol sampai lelah pun mesin tersebut tidak kunjung menunjukkan tanda-tanda menyala. Biasanya kasus ini terjadi ketika cuaca sedang dingin, saat di pagi hari, atau sepeda motor baru saja dicuci.

Sebetulnya ada beberapa faktor yang patut dicurigai sebagai penyebab utama susahnya mesin motor untuk dihidupkan. Namun penyebab yang paling sering yaitu karburator tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Hal ini dikarenakan campuran bensin dan udara di dalamnya terlalu sedikit atau hilang.

motor-susah-hidup.jpg

Perlu diketahui, campuran bensin dan udara di dalam karburator memiliki wujud berupa gas. Itu sebabnya campuran ini bisa keluar secara perlahan melalui saluran pembuangan karburator, saringan udara, atau pun knalpot. Semakin lama mesin sepeda motor tidak dihidupkan, semakin semakin sedikit pula campuran bensin dan udara yang tersimpan di karburator.

Lantas, bagaimana sih caranya mengatasi motor yang sulit dinyalakan?

Teknik yang akan kami ajarkan ini khusus digunakan untuk sepeda motor yang masih menggunakan karburator dan dilengkapi dengan tuas choke. Biasanya motor keluaran lama selalu ditanami tuas ini seperti Vega, Tiger, Supra, Thunder, Scorpio, Ninja, dan lain-lain. Letaknya berada di bagian motor sebelah kiri, entah itu di stang atau body depan. Namun beberapa juga ditempatkan di sekitar karburator. Terkadang ada pula tulisan choke yang tertulis di permukaan tuas ini.

Setelah Anda menemukan tuas choke ini, tekan lah tuas tersebut ke arah luar atau bawah sesuai dengan desainnya. Kemudian tarik tuas starter elektrik sampai posisi mentok selama 10-15 detik. Berikutnya lepaskan tuas starter dan kembalikan tuas choke ke posisi yang semula. Lalu cobalah hidupkan mesin motor menggunakan starter manual.

Biasanya dalam sekali penekanan memakai engkol, mesin motor akan langsung bisa dinyalakan. Namun apabila motor masih tetap bandel tidak mau hidup sama sekali, Anda bisa mencoba langkah-langkah di atas sekali lagi. Tidak sulit kan? Langkah-langkah pengerjaannya juga tidak memakan waktu yang lama. So, selamat mencoba!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Cara Coak Body Motor yang Benar

Bagaimana cara coak body motor yang benar? Coak adalah suatu istilah dalam modifikasi sepeda motor yang menyatakan proses pemotongan body kendaraan. Teknik ini biasanya diterapkan di dalam konsep modifikasi yang bergaya drag look dan street racing. Dengan memotong beberapa bagian body yang terdapat pada sepeda motor , maka tampilan kendaraan secara keseluruhan pun akan menjadi semakin keren. Pada dasarnya, proses coak ini tidak terlalu sulit dikerjakan. Malahan Anda bisa menggunakan peralatan tukang yang sederhana. Hanya saja dibutuhkan keahlian dan ketelitian saat mengoperasikan alat-alat tersebut agar hasil potongannya tampak rapi. Biar Anda tidak bingung, silakan coba panduan coak body motor ala Pyurio di bawah ini! Alat dan Bahan yang harus disiapkan : Gergaji besi Gergaji tripleks Bor tangan Selotip Spidol Penggaris Jangka Ampelas halus Langkah-langkah memotong body motor : Buatlah sketsa yang menggambarkan pola pemotongan pada body motor terle

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s