Langsung ke konten utama

Cara Mengerem Mobil yang Benar

Bagaimana cara mengerem mobil yang benar? Sistem pengereman pada kendaraan beroda empat berguna untuk memperlambat laju kendaraan sehingga dapat berhenti dengan aman. Selain rem, komponen yang berperan penting dalam menjalankan fungsi tersebut ialah kopling. Kopling berperan penting dalam menjaga perputaran mesin supaya tetap berada di atas torsi minimum.

Penekanan pada pedal rem dan pedal kopling harus menyesuaikan laju kendaraan. Untuk mobil yang melaju dengan kecepatan relatif lambat disarankan menekan pedal kopling terlebih dahulu untuk menjaga supaya mesin tidak mati. Sedangkan bila pergerakan mobil cepat, sebaiknya pedal rem yang harus ditekan pertama kali. Laju mobil yang cepat menandakan perputaran pada mesinnya masih cukup tinggi sesaat setelah direm. Kemudian Anda bisa menginjak pedal rem atau langsung menancap gas kembali tanpa perlu menurunkan kopling.

cara-mengerem-mobil.jpg

Proses pengereman mobil memang tidak sesederhana yang Anda bayangkan. Jika Anda menginginkan teknik pengereman yang efisien sehingga jarak pengeremannya lebih pendek, ikuti tips-tips sebagai berikut :

Tips 1 : Pengereman Mobil tanpa ABS

Jangan pernah menginjak pedal rem hingga mentok ke lantai meski dalam kondisi panik dan darurat. Alasannya karena roda bisa terkunci dan terjadi selip sehingga laju mobil akan susah dikendalikan. Lebih baik tekan dan tahan rem sedalam mungkin , namun jangan sampai menimbulkan suara decitan pada roda. Tekanan pada rem bisa dikurangi ketika ban berdecit. Kemudian kembalikan pedal tersebut ke tekanan awal.

Berlatih mengerem kendaraan bermotor memang membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Kunci utamanya yakni Anda harus memahami karakter yang dimiliki oleh sistem pengereman mobil Anda. Saat berlatih, Anda bisa memulainya dengan mengerem sampai berhasil mengunci ban, lalu coba kurangi tekanan pada pedal rem sehingga ban mendapatkan grip kembali.

Tips 2 : Pengereman Mobil dengan ABS

Pengereman dilakukan dengan menginjak pedal rem dengan tekanan yang pasti namun lembut sehingga menghasilkan kinerja yang maksimal. Dalam beberapa kasus, teknik di atas akan menyebabkan mobil berdenyut. Jangan khawatir denyutan tersebut muncul sebagai efek dari kinerja sistem ABS yang berusaha mengurangi tekanan rem. Yang perlu diingat, tetap tahan pedal rem walaupun terasa denyutan yang cukup keras.

Perlu diketahui, sistem ABS yang ditanamkan pada mobil tidak memengaruhi jarak pengereman, melainkan menjaga laju mobil agar tetap bis dikendalikan sehingga tidak kehilangan kontrol. Kendati demikian, dalam penggunaan sistem ini harus dilakukan secara lembut, presisi, dan jangan ekstrim. Sebelum diaplikasikan di jalanan, ada baiknya Anda menguji kemampuan sistem ABS pada mobil Anda di tempat yang aman.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Cara Coak Body Motor yang Benar

Bagaimana cara coak body motor yang benar? Coak adalah suatu istilah dalam modifikasi sepeda motor yang menyatakan proses pemotongan body kendaraan. Teknik ini biasanya diterapkan di dalam konsep modifikasi yang bergaya drag look dan street racing. Dengan memotong beberapa bagian body yang terdapat pada sepeda motor , maka tampilan kendaraan secara keseluruhan pun akan menjadi semakin keren. Pada dasarnya, proses coak ini tidak terlalu sulit dikerjakan. Malahan Anda bisa menggunakan peralatan tukang yang sederhana. Hanya saja dibutuhkan keahlian dan ketelitian saat mengoperasikan alat-alat tersebut agar hasil potongannya tampak rapi. Biar Anda tidak bingung, silakan coba panduan coak body motor ala Pyurio di bawah ini! Alat dan Bahan yang harus disiapkan : Gergaji besi Gergaji tripleks Bor tangan Selotip Spidol Penggaris Jangka Ampelas halus Langkah-langkah memotong body motor : Buatlah sketsa yang menggambarkan pola pemotongan pada body motor terle

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s