Langsung ke konten utama

Cara Merawat Aki Mobil yang Benar

Bagaimana cara merawat aki mobil yang benar? Aki merupakan salah satu komponen utama pada mobil. Aki berfungsi untuk menyimpan energi listrik yang dibutuhkan oleh sistem kelistrikan pada kendaraan beroda empat. Mengingat peranannya yang penting, pemilik mobil harus merawat sendiri komponen yang satu ini dengan perawatan secara maksimal.

Perlu diketahui, terdapat cukup banyak jenis aki mobil yang beredar di pasaran sekarang. Di antaranya meliputi aki basah, aki kering, dan aki MF (maintenance free). Apapun jenis aki yang Anda gunakan pada mobil kesayangan, aki tersebut harus senantiasa dirawat dengan memperhatikan penggunaannya.

merawat-aki-mobil.jpg

Bagi Anda yang ingin melakukan perawatan sendiri terhadap aki mobil yang dimiliki, Anda bisa mengerjakannya dengan langkah-langkah gampang sebagai berikut :

  1. Periksa Kondisi Air Aki

Lakukan pemeriksaan terhadap kondisi air aki secara berkala, terutama jika aki yang Anda pakai masih berjenis aki basah. Air aki yang menurun akan mengakibatkan energi listrik yang tersimpan pun tidak maksimal karena kemampuannya juga berkurang. Oleh karena itu, wajib hukumnya bagi Anda untuk menyiapkan stok air aki untuk keperluan mengisi ulang aki pada saat dibutuhkan.

  1. Perhatikan Kebersihan Aki

Kebersihan aki di dalam mobil juga harus selalu diperhatikan seoptimal mungkin. Jangan biarkan terminal aki tersebut diselimuti oleh debu dan kotoran sebab berisiko mengakibatkan timbulnya kerak hingga korosi/karat. Semakin banyak kerak dan karat yang menumpuk di sekitar terminal aki, maka kinerja aki dalam menghantarkan arus listrik ke komponen yang membutuhkannya ini pun bakal semakin terganggu pula.

  1. Pastikan Kabel Terpasang Kencang

Anda juga perlu mengecek kondisi pemasangan kabel aki setiap kali membersihkannya. Pastikan kabel-kabel tersebut sudah terpasang dengan posisi ikatan yang cukup kencang dan tidak mudah terputus. Posisi kabel yang kendur dapat menyebabkan suplai listrik yang berasal dari aki tidak bisa mengalir sepenuhnya ke sistem kelistrikan mobil karena mengalami gangguan.

  1. Biasakan Matikan Perangkat Elektronik

Kebanyakan orang malas menggunakan mobil dengan prosedur yang benar. Salah satu contohnya ialah kebiasaan membiarkan perangkat elektronik tetap menyala walaupun mesin mobil sudah dinonaktifkan. Akibatnya aki pun dipaksa terus-menerus bekerja tanpa adanya pasokan listrik yang diterimanya. Pemakaian yang benar, semua perangkat elektronik yang ada di dalam mobil seperti AC, lampu, radio, dan sebagainya wajib dimatikan terlebih dahulu sesaat sebelum Anda mematikan kendaraan.

  1. Gunakan Aki yang Standar

Ada waktunya Anda harus mengganti aki mobil yang sudah benar-benar rusak dan tidak bisa diperbaiki kembali. Dalam keadaan yang demikian, Anda sebaiknya memilih aki baru yang sesuai dengan regulasi standar yang terlampir pada buku manual. Dianjurkan untuk membeli aki mobil tersebut di bengkel resmi supaya originalitasnya lebih terjamin.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An...

Langkah-langkah Cara Coak Body Motor yang Benar

Bagaimana cara coak body motor yang benar? Coak adalah suatu istilah dalam modifikasi sepeda motor yang menyatakan proses pemotongan body kendaraan. Teknik ini biasanya diterapkan di dalam konsep modifikasi yang bergaya drag look dan street racing. Dengan memotong beberapa bagian body yang terdapat pada sepeda motor , maka tampilan kendaraan secara keseluruhan pun akan menjadi semakin keren. Pada dasarnya, proses coak ini tidak terlalu sulit dikerjakan. Malahan Anda bisa menggunakan peralatan tukang yang sederhana. Hanya saja dibutuhkan keahlian dan ketelitian saat mengoperasikan alat-alat tersebut agar hasil potongannya tampak rapi. Biar Anda tidak bingung, silakan coba panduan coak body motor ala Pyurio di bawah ini! Alat dan Bahan yang harus disiapkan : Gergaji besi Gergaji tripleks Bor tangan Selotip Spidol Penggaris Jangka Ampelas halus Langkah-langkah memotong body motor : Buatlah sketsa yang menggambarkan pola pemotongan pada body motor terle...

Seperti Ini Cara Setel Pelek Jari-jari Sepeda Motor

Bagaimana caranya menyetel pelek jari-jari sepeda motor? Kepopuleran pelek jari-jari di kalangan penggemar kendaraan bermotor kini kembali meningkat. Pasalnya, pelek ini dinilai mempunyai tampilan tersendiri yang lain daripada pelek racing. Apalagi pelek ruji ini juga bisa digunakan dalam setiap modifikasi motor dengan tema apapun. Sebelum menyetel pelek jari-jari motor, Anda perlu memperhatikan faktor-faktor persiapannya terlebih dahulu sebagai berikut : Selalu pilih pelek sepeda motor dengan spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pelek yang kuat ditandai dari bentuknya yang standar, baik U shape maupun E shape. Jika Anda memiliki kocek yang berlebih, gunakanlah pelek yang telah diakui kualitasnya secara internasional. Gunakan tromol yang asli sesuai dengan standar dari pabrikan motor tersebut. Hal ini disebabkan tromol asli memiliki bentuk yang lebih presisi sehingga akan mempermudah Anda dalam menyetel jari-jari pelek. Di samping itu, tromol asli juga terbukti lebi...