Langsung ke konten utama

Nih, 3 Cara Merawat Aki Sepeda Motor biar Tahan Lama!

Bagaimana cara merawat aki sepeda motor biar tahan lama? Pada kendaraan bermotor, aki (accumulator) berfungsi sebagai media penyimpanan energi listrik. Apabila aki bermasalah, maka hal ini akan mengganggu komponen-komponen lain yang membutuhkan suplai tenaga listrik. Untuk itu, perawatan aki sepeda motor harus dilakukan dengan benar supaya usianya panjang dan mampu bertahan lama.
Menurut karakteristik penyusunnya, aki kendaraan bisa dibedakan menjadi dua macam, yaitu aki basah dan aki kering. Kedua jenis aki ini sama-sama membutuhkan bentuk perawatan dan pengecekan secara berkala setiap kurun waktu tertentu guna memastikannya tetap mampu bekerja normal. Bukan tidak mungkin, pemberian bentuk perawatan aki yang salah atau terlambat akan merusak aki tersebut beserta komponen-komponen motor lain yang saling terkoneksi.

Di bawah ini panduan cara tepat merawat aki sepeda motor anda :
1. Periksa Aki Secara Berkala
Bentuk perawatan dasar yang harus diberikan ke aki sepeda motor adalah memeriksanya secara berkala. Untuk aki basah, anda bisa mengecek ketinggian permukaan air aki setiap 1-2 bulan sekali dan segera lakukan pengisian ulang air aki bila permukaannya berada di bawah batas minimum. Sedangkan untuk aki kering, anda tidak perlu melakukan pengisian ulang karena aki ini bebas perawatan. Aki kering yang telah rusak harus segera diganti dengan yang baru agar fungsi motor tetap bekerja normal.
2. Hindari Modifikasi Asal-asalan
Modifikasi sepeda motor yang dilakukan tanpa perhitungan matang justru akan memberatkan kinerja aki tersebut. Aki seolah-olah dipaksa bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan tenaga listrik sehingga daya yang disimpannya cepat habis. Oleh karena itu, sebaiknya anda tidak asal memodifikasi sistem kelistrikan motor yang langsung mengambil arus listrik agar usia aki bisa bertahan lama.
3. Biasakan Memakai Starter Engkol
Perlu diketahui, sepeda motor yang sudah didiamkan dalam waktu relatif lama tidak mempunyai pasokan listrik yang cukup dari sepul menuju ke aki. Jadi, disarankan membiasakan diri menghidupkan motor saat di awal memakai kick starter atau starter engkol. Selain bakal meringankan beban daya yang ditanggung aki untuk menyalakan mesin, hal ini juga akan membuat oli yang ada di bak mesin ikut terpompa melumasi seluruh bagian mesin sehingga memungkinkan mesin sanggup menyuguhkan performa yang lebih baik.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s

Tata Cara Mengganti Lampu Utama Sepeda Motor

Bagaimana cara mengganti lampu utama sepeda motor? Pada kendaraan roda dua, lampu utama berfungsi sebagai penerang jalan dan pemberitahu pengendara lain akan keberadaan kita. Oleh sebab itu, lampu utama ini harus selalu menyala, baik saat malam maupun siang hari. Lampu Sepeda Motor Pada dasarnya, mengganti lampu sepeda motor dapat dilakukan dengan mudah. Kuncinya adalah kesabaran untuk membuka casing secara hati-hati agar tidak menimbulkan goresan dan lecet. Di bawah ini tata cara panduannya oleh Pyurio untuk anda! Alat dan Bahan : Lampu utama Obeng Kuas Langkah-langkah : Posisikan sepeda motor dengan bersandar pada standar tengah sehingga lebih mudah diotak-atik. Gunakan obeng untuk melepas seluruh sekrup yang menahan casing batok pembungkus lampu utama. Bersihkanlah bagian dalam casing memakai kuas untuk menghilangkan debu yang menumpuk. Buka karet penutup fitting dan lepaskan fitting dengan menekan lalu memutarnya berlawanan arah jarum jam. Rogoh bohlam l